Komisi III DPRD Manado Paling Eksis Gelar Pembahasan Awal Tahun, yang lain 'Mati Suri' -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Komisi III DPRD Manado Paling Eksis Gelar Pembahasan Awal Tahun, yang lain 'Mati Suri'

editor: rolly_sondakh
14 Januari 2021

 



Manado, KOMENTAR.ID


Komisi III DPRD Kota Manado paling eksis menggelar pembahasan bersama mitra kerja, guna meningkatkan fungsi legislasi, budjeting dan pengawasan. Hal itu terbukti dengan sejumlah kegiatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama SKPD, untuk membahas soal kinerja dan realisasi penganggaran.

Menonjolnya Komisi Bidang Pembangunan itu, dikarenakan tidak diseimbangkan dengan kinerja tiga komisi lainnya. Padahal di lembaga legislatif itu ada empat komisi yakni, Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan, Komisi II Bidang Perekonomian, Komisi III Bidang Pembangunan dan Komisi IV Bidang Kesejahteraan Sosial dan pendidikan (Kesra).

Selain eksis dan menonjol, Komisi Bidang Pembangunan itu diketahui paling kritis mengupas soal realisasi anggaran, serta pelayanan bagi masyarakat di bidang infrastruktur di Kota Manado.

Salah-satu contoh dan dinilai paling penting adalah realisasi penerangan jalan umu (PJU), yang sesuai hasil RDP hanya 50 persen menjangkau pelayanan bagi masyarakat. Tambah lagi, peraturan daerah (Perda) yang belum jelas terkait PJU.

"Kami pertanyakan soal 8,260 titik PJU yang tidak maksimal realisasinya, hanya 50 persen. Padahal Masyarakat sudah membayar pajak, apalagi perdanya belum ada," kata Datau saat dihubungi media ini via WhatsApp Kamis (14/01/2021).

Senada disampaikan oleh anggota Jeane Sumilat bahwa perlu adanya transparansi dan kinerja pasti bagi pertanggungjawaban pembangunan di Kota Manado.

"Tugas dan tanggung-jawab dalam meningkatkan sinergitas penting dilakukan, sehingga tercipta transparansi  dan pertanggungjawabkan pembanguna yang lebih baik, sehingga masyarakat bisa merasakan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan," tutur Sumilat.

Akan hal itu, Aktivis Manado Terry Umboh berpendapat, kinerja menurun dari tiga komisi tersebut, bisa dikatakan pengaruh dengan menurunnya pembiayaan bagi anggota dewan di tahun 2021.

"Mereka bukan tidak mau bekerja, tetapi masih terbuai dengan Covid-19. Apalagi sekarang pembiayaan menurun, baik dari perjalanan dinas dan anggaran reses yang dipotong. Jadi wajar kalau kinerja menurun sejajar dengan anggaran menurun. Tetapi inikan aturan pemerintah yang perlu didukung. Berbeda dengan Komisi III, yang tidak melihat dari sisi itu," seloroh Umboh.

Diektahui, Komisi III telah menjadwalkan agenda RDP lintas komisi, yang akan menghadirkan Dinas Perkim, PLN dan Komisi II DPRD Manado.


(***)