Dampak Covid-19, HUT Sangihe ke 596 dan Tulude Tak Lebih 100 Orang Yang Hadir -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Dampak Covid-19, HUT Sangihe ke 596 dan Tulude Tak Lebih 100 Orang Yang Hadir

editor: verry_bawoleh
13 Januari 2021

 

Frangky Nantingkaseh, Kabag Prokopi Setda Sangihe (Foto Istimewa)


Tahuna, KOMENTAR.ID

Meski masih dilanda Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara tetap akan menggelar perayaan HUT Daerah Sangihe ke 596 dan Upacara Adat Tulude, 31 Januari 2021.

Namun untuk pelaksanaan di lapangan tetap akan mengikuti protap covid, seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Termasuk tamu undangan yang akan hadir tak lebih dari 100 orang.

"Khusus untuk tamu undangan terdiri dari Forkopimda, Pimpinan OPD, pimpinan dan anggota DPRD, badan adat, dewan adat, instansi vertikal yang nantinya akan dipilih dan untuk camat hanya Camat Tahuna, Tahuna Timur dan Tahuna Barat. Sementara untuk camat di luar Kota Tahuna tidak akan diundang," ungkap Kepala Bagian (Kabag) Protokoler dan Komunikasi Pimpinan (Prokopi) Setkab Sangihe, Franky Nantingkaseh.

Terkait pelaksanaan HUT Sangihe dan Tulude, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe bersama Panitia Pelaksana dan Dewan Adat, juga  telah menggelar rapat pemantapan terakhir Selasa (12/01/21)

“Jadi Upacara Adat Tulude dan HUT Daerah akan dilaksanakan dalam bentuk sederhana melihat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, sehingga tetap akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya. 

Lanjut Frangky, pemerintah akan menurunkan edaran bahwa pelaksanaan disetiap kecamatan dan kampung harus dibuat sedemikian sederhana tidak secara besar-besaran, mengingat kondisi saat ini. Tetapi tidak mengurangi esensi dari Upacara Adat Tulude dan HUT daerah.

“Terlebih di dalamnya adalah bentuk doa terkait dengan kondisi Covid-19 saat ini. Jadi kita lebih ke ritual untuk permohonan ke I Geghonalangi (Tuhan) kiranya sakit penyakit dan wabah Covid-19 dapat cepat berlalu dan dijauhkan dari mara bahaya (mengundang banua),” pungkas Frangky.

***