Berbagi Kasih bersama AJD Sahabat Budaya -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Berbagi Kasih bersama AJD Sahabat Budaya

editor: hut_kamrin
10 Januari 2021

AJD Sahabat Budaya saat aksi berbagi kasih. Foto: Amro Loho

Sabtu, 9 Januari 2021, merupakan kesempatan berbagi kasih, yang dipilih oleh AJD Sababat Budaya. Hari ini merupakan hari pertama komunitas ini berbagi kasih, sebagai bagian dari ucapan syukur tahun baru 2021, dan merupakan wujud doa dan harapan semoga pandemi yang dialami kini, bisa segera berakhir. 

Kegiatan ini tentu sangat baik dan perlu dicontoh, karena jika kita berefleksi secara lebih mendalam, tak terhitung perbuatan baik semua orang ketika di masa pandemi saat ini. Kebaikan, kepedulian dan cinta kasih yang sebetulnya selalu ada dan tumbuh dalam diri setiap insan manusia, kini tersenyemaikan lewat AJD Sahabat Budaya, dan hal ini seolah menjadi oase di padang gurun.

Situasi pandemi kini, sangat menakutkan. Segala jenis kegiatan bahkan ada dibatalkan. Kecuali kegiatan berbagi berkat, menyemai kebaikan bahkan tidak pernah dihentikan, dan tak terhentikan. Maka wujud berbagi kasih oleh Founder AJD Sahabat Budaya DR. Dominica Diniafiat, Sang budayawan dan pencinta budaya Nusantara ini, merupakan sebuah kegiatan yang perlu disupport, dan bahkan tak terhentikan. Di awal tahun ini, AJD Sahabat Budaya melalui tangan kasih dan perpanjangan berkat Tuhan, AJD Sahat Budaya mengadakan bakti sosial di Lembean dan Tondano. 

Dominica menegaskan: “Hal ini adalah ucapan syukur awal tahun 2021, bersamaan ucapan syukur itu, kita berdoa dan berharap semoga pandemi covid 19 bisa segera berakhir. Mari kita berbagi bersama dengan banyak orang, mari kita peduli terhadap semua orang. Tahun 2021 menjadi tahun berkat, tetapi jugamengajak kita untuk terus berjuang dalam hidup, mengingat tahun 2021, kita masih bersimbah peluh mengalahkan covid 19, mari kita terus bersemangat, sambil terus mensosialisasikan 3 M.” 

Berbuat baik kepada sesama, seyogyanya menjadi tanggung jawab semua orang. Walaupun tentu, setiap orang mempunyai skala prioritas dalam setiap rencana dan tindakan. Kendati begitu, berbagi kasih dan berdonasi, seperti ini menjadi sebuah contoh dan teladan bagi semua orang, karena sesama adalah kita, dan kita adalah sesama. 

Maka dalam kaitan dengan berkebudayaan, kegiatan ini menjadi sebuah wujud kebudayaan. Dengan ini pula, kebudayaan secara sederhana dimengerti sebagai sebuah cara hidup seseorang yang merupakan bagian dari perbuatan dalam kehidupan. Setiap tindakan dan perbuatan manusia, diyakini merupakan wujud dari kebudayaan itu. Kebudayaan dan berkebudayaan selalu menjadi penting, mengingat didalamnya manusia menjadi pelaku kebudayaan yang mampu membentuk identitas. Langkah dari AJD Sahabat Budaya adalah salah satu bagian dari berkebudayaan. 

Penulis: Amro Loho