Sabet Penghargaan Peduli HAM, Kado Akhir Tahun Pemkab Sangihe -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Sabet Penghargaan Peduli HAM, Kado Akhir Tahun Pemkab Sangihe

editor: verry_bawoleh
15 Desember 2020

Penghargaan Sangihe Kabupaten Peduli HAM yang diterima Inspektur Daerah Nusrianto Pande, 14 Des 2020

Tahuna,KOMENTAR.ID


Menjelang akhir tahun anggaran 2020 ada kado indah yang dipersembahkan Bupati Jabes Ezar Gaghana dan jajaran kepada Kabupaten Kepulauan Sangihe tercinta, yakni Penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM).

Penghargaan ini langsung dari Kemenkumham RI dan sudah enam kali diraih Kabupaten Kepulauan Sangihe, diterima Inspektur Daerah Sangihe Nusrianto R Pande mewakili bupati, Senin (14/12) di Ruang Rapat CJ Rantung Kantor Gubernur Sulawesi Utara.
Bupati Jabes Gaghana saat menerima hasil penilaian SAKIP yang diserahkan MenPAN RB, 24 Feb 2020

Bupati Jabes Ezar Gaghana ketika dikonfirmasi menyatakan, selaku kepala daerah sangat bersyukur dengan capaian prestasi tersebut. Diakuinya, penghargaan itu adalah bentuk apresiasi dari Pemerintah Pusat bagi Kabupaten Kepulauan Sangihe sebagai Kabupaten Peduli HAM.

“Penghargaan Kabupaten Peduli HAM adalah bentuk penghargaan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe. Semua ini berkat solidaritas pemangku kepentingan dan seluruh elemen masyarakat,” ucap Jabes
Bupati Jabez Gaghana didampingi Ketua DPRD Sangihe Josephus Kakondo menerima LKPD TA 2019, Opini WTP, 11 Mei 2020

Lanjut dia, Kabupaten Kepulauan Sangihe dinilai berhasil memenuhi tujuh indikator sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM.

“Prestasi ini dapat kita raih atas kerja keras kita semua. Semoga prestasi ini dapat kita pertahankan dan bisa memotivasi kita untuk bekerja lebih giat lagi,” ujarnya.
Bupati Jabes Gaghana saat menerima sertifikat kapabilitas APIP Level III, 15 Juni 2020

Selain penghargaan peduli HAM, ditengah situasi Pandemi Covid-19, Sangihe juga mampu mengukir prestasi gemilang lewat sejumlah penghargaan yang diterima selang bulan Februari hingga Desember 2020.

Penghargaan dimaksud diantaranya, pada Februari 2020 berhasil meraih predikat B terhadap Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019 setelah ditahun 2018 lalu hanya bisa meraih predikat CC.
Kadis Perindag Felix Gaghaube wakili Bupati terima penghargaan Tol Laut, 16 Juli 2020.

Pada bulan Mei 2020, berkat kerja keras sepanjang tahun 2019, Pemkab Sangihe berhasil meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019. 

Di Juni 2020, dengan sebuah komitmen dalam pengawalan dan pengawasan pengelolaan keuangan, Pemkab Sangihe melalui Inspektorat menerima Sertifikat Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Level III dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) berdasarkan hasil Quality Assurance (QA).=
Bupati Jabes Gaghana saat menerima penghargaan dari BPS Pusat yang diserahkan Kepala BPS Sangihe Hendra Tumbelaka, 1 Septembet 2020

Selanjutnya di bulan Juli 2020, Pemkab Sangihe menerima penghargaan dari Menteri Perhubungan RI sebagai Kabupaten Terbaik Tingkat Nasional semester I dalam Optimalisasi Tol Laut. Disaat bersamaan juga mendapat Peringkat II Muatan Awal dan Muatan Balik, dalam program Gerai Maritim Tol Laut 2020, yang diadakan Kementerian Perhubungan RI.

Kemudian pada September 2020, empat penghargaan disabet Pemkab Sangihe. Pertama, penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) pusat karena capaian Response Rate (RR) yang melebihi target dalam pelaksaan sensus penduduk online 2020, hal ini membuktikan Kabupaten Sangihe mampu bersinergi dengan BPS kabupaten. 

Penghargaan kedua di bulan September 2020 yakni Manggala Karya Kencana dari Pemerintah Pusat kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Kepulauan Sangihe Dra Hermin Ririswati Gaghana-Katamsi. Sangihe merupakan kabupaten satu-satunya di Provinsi Sulawesi Utara yang mendapat penghargaan ini. 
Ketua TP PKK Sangihe, Hermin Ririswati Katamsi Gaghana menerima penghargaan Manggala Karya dari Direktur Wilayah I BKKBN Pusat MVC Widanarto, 8 September 2020

Selanjutnya, penghargaan ketiga di Bulan September 2020 Pemkab Sangihe melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah Sangihe, menerima penghargaan peringkat III lomba inovasi gerakan cegah putus pakai kontrasepsi masa pandemi covid-19 kategori jumlah pasangan usia subur diatas 25 ribu se Propinsi Sulawesi Utara Tahun 2020.

Dan wujud dari semangat Sangihe bekerja serta bentuk sinergitas yang terus dibangun bersama PT PLN, Pemkab Sangihe menerima penganugerahan sebagai apreasiasi PLN terkait pembayaran tagihan listrik Pemkab setiap bulan tepat waktu. Ini merupakan penghargaan keempat di bulan September 2020. 

Prestasi gemilang juga berhasil disabet diawal bulan Desember tahun 2020, meski ditengah situasi pandemi Covid-19, Kabupaten Sangihe berhasil meraih Terbaik Pertama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) tingkat provinsi dari Bank Indonesia.