Polii Raih Perak dan Gold Master di Championatul Romanian Challenges Christmas Edition -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Polii Raih Perak dan Gold Master di Championatul Romanian Challenges Christmas Edition

editor: jandry_kandores
28 Desember 2020


MANADO- Salah satu turnamen bridge challenge yang cukup sukses penyelenggaraannya adalah  Championatul Romanian Challenges atau Rumania Challenge Championship. 


Turnamen ini digelar seminggu sekali dan sekarang telah memasuki putaran ke 26. Edisi 26 kali ini diikuti peserta terbanyak 206 pemain dan diberi judul edisi Natal. 


Bridge challenge menjadi popular kembali terutama setelah Bridge Base Online juga menggelar turnamen bridge yang diberi nama Daylong sepanjang hari. 


Cara bermain kedua permainan ini sama, seorang pemain berpasangan dengan GIB atau yang akrab disebut robot melawan dua robot yang berpasangan.

Perbedaanya hanya masalah lawannya. 


Kalau di challenge kita bertarung melawan lawan main yang kita undang atau sebaliknya mengundang kita. Tapi di daylong lawan kita bisa siapa saja yang ikut turnamen bersama dengn memainkan papan yang sama.


Peserta turnamen bridge daylong di BBO saat ini memang lagi sangat ramai, turnamen gratis bisa diikuti puluhan ribu peserta.


Berawal dari undangan yang dikirim oleh  Zoltán Magyari coordinator dari event ini dimana kami berdua  pernah bertemu saat Tim Nasional Bridge Asian Games 2018 mengadakan uji coba mengukuti Festival Bridge di Albena, Bulgaria.


Saya mengikuti event ini sejak tanggal 28 Juni 2020 dan terus ikut sampai seri ke 26 yang baru saja selesai. Sistim pertandingan event ini cukup menguras tenaga karena diadakan secara bertahap. 


Babak penyisihan yang diawali pada hari Sabtu tengah malam atau Jumat sore di Rumania dan berlangsung sampai hari Senin. Pada babak ini 206 peserta dibagi per pool berisi 6 dan 7 pemain. Ke 6 atau 7 pemain ini akan bermain setengah kompetisi @12 board.


Juara 1 dan 2 dari babak ini lolos ke babak kedua. Pada babak kedua ini biasanya sudah diatur ada 32 pool. Setiap pool akan diisi 5 atau 6 pemain termasuk peringkat 1 – 8 edisi sebelumnya yang sudah di seeded. Selanjutnya juara 1 dan 2 lolos ke babak KO.


Di babak KO 16 dan 8 besar akan memainkan 2x12 board dimana pemain akan saling mengundang.

Selanjutnya pada babak semi final dan final akan memainkan 2 x 16 board.


Perjalanan penulis sampai meraih perak diawali dengan dua kali babak penyisihan menjadi juara pertama kemudian menang terus di babak KO dan nanti kalah di babak final dari sang juara Gheorghe Valeriu  (PPVV123) . 


Sebelumnya di babak semi final penulis mengalahkan Kotanyi Bal Azs dari Hungaria yang kemudian keluar sebagai juara ketiga setelah mengalahkan Andrei Florin (Al_terego).


Dengan keberhasilan menjadi juara kedua maka jumlah master point yang penulis raih menjadi 8030 PECH. PECH adalah sebutan untuk master point yang diraih dari turnamen bridge khusus challenge di Rumania.


Sebagai juara Gheorghe Valeriu (PPVV123) România akan bertarung di pertarungan Super Cupa melawan   Nyikita Malinovszkij (KITIK) juara dari Hongaria.


Jumlah ini sudah memenuhi syarat untuk meraih gelar Gold Master karena persyaratan gold Master adalah minimal 7500 PECH. Untuk pembaca yang awam, master point dalam bridge bisa disamakan dengan elo rating dalam permainan catur.


Urutan gelar yang diberikan adalah tertinggi Rubin Master (15.000), Platinum Master (10.000) , Gold Master (7.500), Silver Master(5.000), Bronze Master(2500)  Challenge Master (1.000)  dan terbawah Junior Master (500). 


***