Pigi Jo Bapilih, Berbeda Pilihan Bukan Halangan dan tak Dilarang -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pigi Jo Bapilih, Berbeda Pilihan Bukan Halangan dan tak Dilarang

editor: rolly_sondakh
Selasa, 08 Desember 2020

Oleh : Lexie Kalesaran)



Manado, KOMENTAR.ID


Pilkada Serentak Tahun 2020 akan berlangsung di sembilan provinsi untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta 37 kota untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota serta 224 kabupaten untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.


Di daerah Sulawesi Utara sendiri akan ada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di tujuh kabupaten dan kota.


Ketujuh kabupaten/kota tersebut adalah kabupaten Boltim, Bolsel,  Minsel, dan Minut serta kota Bitung, Tomohon dan Manado.


Untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut ada paslon Christiany Eugenia Paruntu dan Sehan Salim Landjar, paslon Vonny Anneke Panambunan dan Hendry Runtuwene serta paslon Olly Dondokambey dan Steven Kandouw.


Di Bolaang Mongondouw Timur, paslon Amаlіа Landjar dan Uyun Kunаеfі Panglima, paslon Sam Sаhrul Mаmоntо dan Oskar Mаnорро Serra paslon H. Suhеndrо Bоrоmа dan Ruѕdі Gumаlаngіt.


Di Bolaang Mongonsouw Selatan, paslon Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid serta paslon Riston Mokoagow dan Selvia Van Gobel. 


Di Minahasa Selatan, paslon Michaela Elsiana Paruntu dan Ventje Tuela,  Royke Sondakh dan Harits Andri Umboh serra Franky Donny Wongkar dan Pdt Petra Yani Rembang.


Di Minahasa Utara, paslon. Shintia Gelly Rumumpe dan Netty Agnes Pantouw, paslon Joune Ganda dan Kevin William Lotulung serta Sompie Singal dan Joppi Lengkong.


Di Bitung, paslon Maximiliaan Jonas Lomban dan Martin Daniel Tumbelaka, paslon Maurits Mantiri dan Hengky Honandar serta Victorine Lengkong dan Gunawan Pontoh. 


Di Tomohon, paslon Jilly Gabriella Eman dan Virgie Baker Bororing, paskin Caroll Senduk dan Wenny Lumentut serta paslon Robert Pelealu dan Fransiscus Sello Soekirno.  


Di Manado, paslon Andrei Angouw dan Richard Sualang, paslon Sonya S. Kembuan dan Syarifudin Saafa, paslon Mor Dominus Bastiaan dan Hanny Joost Pajouw serta paslon Julyeta Paulina Amelia Runtuwene dan Harley Mangindaan. 


Semua paslon pasti ada kekurangan/keterbatasan tetapi pula ada kelebihan/keunggulannya. Silahkan warga yang memiliki hak pilih (sesuai aturan) untuk mendatangi TPS yang telah ditentukan sesuai Surat Pemberirahuan Pemungutan Suara Kepada Pemilih (MODEL C.PEMBERITAHUAN-KWK) yang diberikan  KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) setempat.


Jangan ragu untuk mendatangi TPS pada Rabu (9/12/2020) dan menggunakan hak pilih di pesta demokrasi ini. Momen ini adalah kesempatan baik bagi warga yang memiliki hak pilih untuk menentukan kepemimpinan satu periode ke depan.


Tidak usahlah terpengaruh pada informasi atau hal apapun yang dapat mempengaruhi niat/keinginan untuk pergi memilih.  Pigi jo bapilih, jang golput (golongan putih). Sebab, bila tidak menggunakan hak pilih akan rugi karena tidak ikut ambil bagian dalam pesta demokrasi ini. 


Jadi, datangi TPS dan mencoblos pilihan sesuai hati nurani serta ikuti protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan (dengan sabun) dan menjaga jarak. Jangan lupa pula ikut menjaga keamanan dan ketertiban.


Satu suara pemilih akan menentukan masa depan satu daerah untuk, minimal lima tahun ke depan. 


Di samping datangi TPS untuk memilih,  kiranya juga menghormati pilihan orang lain. Berbeda pilihan hendaknya tidak menjadi masalah. Berbeda pilihan bukan halangan dan tak dilarang.


Pilkada ini harusnya dijadikan pesta demokrasi yang menghormati prinsip-prinsip kebebasan, jujur dan adil.


Berbeda tidaklah sertamerta bermusuhan. Berbeda pilihan dalam Pilkada harus menjadi suatu hal yang biasa. Kedewasaan berpolitik semestinya diwujudnyatakan dalam momen Pilkada ini.


Kerukunan, persatuan dan kesatuan adalah hal terpenting dan harus dijaga karena tak ternilai harganya. Hidup rukun dan damai dibalut persatuan sangatlah indah.


Pilkada aman, nyaman dan damai adalah suatu keinginan/dambaan. Maka hendaknya terwujud di Pilkada ini.


Sukseskan Pilkada, wujudkan Pilkada aman, nyaman dan damai. Pigi jo bapilih. Jangan ragu mendatangi TPS dan mencoblos sesuai pilihan hati nurani. Jangan golput. Ikuti prokes yang ditetapkan dan tak lupa untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban.