Petugas KPPS di 14 TPS di Sulut Positif Covid-19, Malonda: Data yang Masuk Begitu -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Petugas KPPS di 14 TPS di Sulut Positif Covid-19, Malonda: Data yang Masuk Begitu

editor: jandry_kandores
08 Desember 2020

Ketua Bawaslu Sulut Herwyn Malonda (kanan) dan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh. (Foto: Istimewa/FB)


Manado, KOMENTAR.ID


Sehari lagi Pilkada Serentak 2020 dilaksanakan. Namun kabar terbaru menyebut, ada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 14 TPS di Sulut, positif terpapar Covid-19.


“Ya. Itu data yang masuk seperti itu,” jawab Ketua Bawaslu Sulawesi Utara, Dr Herwyn Malonda dikonfirmasi wartawan via ponsel, Selasa (08/12/2020).


Menurut Malonda, di 14 TPS itu terdapat ketua atau anggota KPPS yang terkonfirmasi positif Covid-19. Tidak semua KPPS dalam satu TPS, terpapar.


Sedangkan sebagai solusinya, Malonda mengatakan dilakukan pergantian petugas KPPS.


“Solisinya digantikan. Jika tidak memungkinkan, KPPS yang sehat melaksanakan tugas rangkap. Paling sedikit harus ada lima orang KPPS dalam satu TPS,” terangnya.


Ketua Bawaslu Sulut dua periode ini tidak merinci lokasi 14 TPS yang terdapat petugas KPPS terpapar corona. “Datanya ada di divisi pengawasan,” ujar Malonda.


Ia mengajak masyarakat pemilih di Sulawesi Utara untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada Rabu 9 Desember 2020, pukul 07.00-13.00 WITA.


“Datanglah di TPS untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, Bupati dan Wakil Bupati Bolsel, Boltim, Minut dan Minsel serta Walikota dan Wakil Walikota Bitung, Manado dan Tomohon. Datang ke TPS sesuai jadwal pemberitahuan. Ayo memilih sesuai kata hati,” tukas Herwyn Malonda.



(kid/yha)