Heboh Awan Pelangi di Langit Manado, Ahli: Tidak Ada Kaitan dengan Hal Mistis -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Heboh Awan Pelangi di Langit Manado, Ahli: Tidak Ada Kaitan dengan Hal Mistis

editor: jandry_kandores
09 Desember 2020

Penampakan awan pelangi di langit Manado, Rabu (09/12/2020) viral di media sosial Facebook. (Foto: Istimewa)


Manado, KOMENTAR.ID


Fenomena awan warna-warni cukup membuat heboh masyarakat Manado dan sekitarnya, Rabu (09/12/2020). Fenomena penampakan awan pelangi ini juga viral di lini masa Facebook sejak pagi menjelang siang.


Penampakan seperti ini, pada Juni lalu pernah tampak di langit Tokyo. Awan pelangi di langit Tokyo tidak melengkung dan seolah menyatu dengan bentuk abstrak dari awan-awan putih di sekitarnya. Persis sama dengan di Manado.




Menanggapi fenomena unik ini, Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Miming Saepudin, angkat bicara.


Miming menjelaskan bahwa fenomena awan berwarna-warni di langit Tokyo yang seperti pelangi tersebut dikenal dengan cloud iridescence atau irisation.


Untuk diketahui, warnanya yang tampak seperti pelangi itu, tepatnya menyerupai warna-warni seperti yang terlihat dalam gelembung sabun atau minyak pada permukaan air.


Fenomena irisation ini juga disebutkan merupakan fenomena optik biasa di awan dan tidak ada kaitannya dengan kejadian bencana atau hal-hal mistis lainnya.


"Ini (cloud iridescence atau irisation) merupakan fenomena optik di awan yang biasa," kata Miming sebagaimana dilansir Kompas.com.


Dikarenakan fenomena optik biasa, Miming menegaskan, kepada masyarakat agar tidak menanggapi fenomena ini secara berlebih. Terutama untuk tidak mengaitkannya dengan hal-hal mistis yang tidak ada relevansinya.


Diketahui, fenomena irisation ini paling sering diamati pada jenis awan altocumulus, cirrocumulus, lenticular dan awan cirrus.


(kid/kpc/*)