CATATAN AKHIR TAHUN: Semangat tak Pernah Padam -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

CATATAN AKHIR TAHUN: Semangat tak Pernah Padam

editor: hut_kamrin
28 Desember 2020

Petugas PLN tampak memperbaiki jaringan yang rusak. (Foto: Y Solihin)


Oleh : Yasin Solihin
 
LOKASI di tengah hutan dan dalam kondisi hujan lebat tak memadamkan semangat para petugas PLN UP3 Manado khususnya PLN ULP Tondano dalam melayani masyarakat. Di saat orang-orang sedang berkumpul bersama keluarga di hari raya dan libur panjang, petugas PLN terus bergerak tanpa kenal lelah. 
Petugas PLN tampak memperbaiki jaringan yang rusak. (Foto: Y Solihin)

Mereka konsisten memperbaiki infrastruktur jaringan listrik demi mempercepat normalisasi pasokan listrik yang mengalami gangguan karena pohon roboh dan tanah longsor. Meski terdapat beberapa titik gangguan,  dalam waktu hampir bersamaan yakni di bukit Makawembeng, puncak Kasuang, hutan Tanggari dan hutan Urongo, tim tetap bersemangat menguasai keadaan. 

Manager UP3 Manado, Andre Lengkong terlihat tetap tenang meski raut wajah letih. Ia sadar, timnya perlu bekerja cepat memperbaiki gangguan jaringan, sekalipun dalam kondisi hujan deras dan berada di daerah yang sangat sulit dilalui dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. 
Petugas PLN tampak memperbaiki jaringan yang rusak. (Foto: Y Solihin)

Kondisi ini menyebabkan mobilisasi personil, peralatan dan material terpaksa harus secara manual. Cuaca ekstrim yang terjadi di Sulawesi Utara beberapa hari terakhir, memang mengakibatkan beberapa kerusakan yang disebabkan oleh pohon tumbang yang menimpa jaringan kabel dan gardu milik PLN. Pemadaman pun tak bisa dihindari. 

"Karena cuaca, banyak pepohonan yang tumbang mengenai jaringan. Nah, itu kami harus mencari tahu dimana tempat yang terjadi kerusakan. Termasuk harus masuk ke dalam hutan," tambah Manager PLN ULP Tondano, Reagen Jacobis. 

Untuk memastikan kontinuitas suplai energi listrik ke pelanggan, pihaknya memohon dukungan agar pelanggan menggunakan listrik secara legal serta membayar tagihan listrik di awal bulan atau paling lambat tanggal 20. 
Pohon tumbang kerap merusak jaringan listrik. (Foto: Y Solihin)

Sementara itu, untuk mendapatkan kemudahan layanan PLN 24 jam (permohonan Sambungan Baru, Perubahan Daya, Pengaduan Gangguan, Keluhan Layanan), pelanggan dapat menghubungi Contact Center PLN di nomor (0431)-123. PLN juga hadir lewat layanan aplikasi New PLN Mobile yang bisa didownload di Playstore / AppStore. 

Selamat berakhir tahun tetap semangat, hemat dan budayakan disiplin penggunaan energi listrik. Berhemat itu sehat dan berguna bagi semua generasi.  

Penulis: Wartawan Senior/Pegiat Kelistrikan Sulut. (*)