BNN Kota Manado Waspadai Penyalahgunaan Narkoba di Malam Tahun Baru -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

BNN Kota Manado Waspadai Penyalahgunaan Narkoba di Malam Tahun Baru

editor: kimmy_mamahit
22 Desember 2020

Kepala BNN Kota Manado Reino Bangkang (tengah) saat memberi keterangan pers di Kantor BNN Kota Manado, Selasa (22/12/2020). (Foto: Kimmy Mamahit)


Manado, KOMENTAR.ID


Kepala BNN Kota Manado Drs Reino F Bangkang MSi menegaskan pihaknya tetap mewaspadai penyalahgunaan narkoba di suasana malam Tahun Baru di Manado.


"BNN Kota Manado tetap melakukan pengawasan terhadap penyalahgunaan narkoba oleh masyarakat di saat menjelang akhir Tahun 2020, khususnya di malam Tahun Baru," katanya kepada sejumlah wartawan di Kantor BNN Kota Manado, Selasa (22/12/2020).


Diingatkannya, kalaupun masyarakat tidak keluar rumah karena di masa pandemi ini, pihaknya tetap mewaspadai penyalahgunaan narkoba itu di rumah-rumah masyarakat.


"BNN Kota Manado terus mengingatkan agar masyarakat menjauhi narkoba. Karena bagi yang kecanduan, akan berpotensi terkena komplikasi penyakit," katanya. 


Kepala BNN Kota Manado Reino F Bangkang menjelaskan, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan pihak nya di Tahun 2020 baik oleh Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Seksi Rehabilitasi dan Seksi Pemberantasan.


Dijelaskan, Penyalahgunaan narkoba  serta peredarannya sudah mencapai seluruh penjuru daerah dan tidak lagi mengenal strata sosial masyarakat.


Dikatakannya, meski di tengah pandemi covid 19, BNNK secara maksimal  tetap mencegah masuknya narkotika dengan tetap bekerja sama dengan Polri, TNI, Bea Cukai, Imigrasi, Pemerintah Daerah dan Instansi terkait lainnya serta seluruh komponen masyarakat.

 

"BNN Kota Manado terus berupaya melaksanakan Kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Manado," katanya. 


Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Manado Diane Kawatu SH menambahkan, adapun sejumlah Kegiatan Pencegahan, yang telah dilakukan pihaknya antara lain, Sosialisasi akan dampak dan bahaya penggunaan narkoba di berbagai instansi di Manado.


Juga Kegiatan Siswa Taat Hukum (Sitahu) agar menjadi contoh dan teladan generasi anti narkoba.


Kegiatan Wawasan Kebangsaan bersama Kodim 1309 Manado dan bersama masyarakat Malalayang 1 Manado.


Kegiatan Bakamla Zona Maritim Tengah Manado. Kegiatan Asistensi Penguatan Ketahanan Keluarga berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa di Malalayang dalam pilot project Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba).


Untuk Rehabilitasi, telah melakukan rehabilitasi selang 4 tahun terakhir. Tahun 2017 jumlah yang direhabilitasi laki-laki 72, perempuan 80, total jumlah 152 orang.


Tahun 2018 yang direhabilitasi laki-laki 37 orang, perempuan 23 orang, total 60 orang, Tahun 2019 laki-laki 77 orang, perempuan 12 orang, total 89 orang dan Tahun 2020 laki-laki 40 orang, perempuan 10 orang, total 50 orang. Secara keseluruhan sejak 2017 hingga 2020 telah direhabilitasi 351 orang.


Untuk Bidang Pemberantasan, BNNK Manado telah berhasil mengungkap kasus tindak pidana narkotika golongan 1 di wilayah Manado. 



***