Ayo Buruan! Seruput Kopi Sehat di Morphic Coffee House Tutuyan -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Ayo Buruan! Seruput Kopi Sehat di Morphic Coffee House Tutuyan

editor: hut_kamrin
29 Desember 2020

Pengelola Morphic Coffee House mengusung konsep brew coffee. Foto: Istimewa


KOPI bisa jadi sebuah pilihan. Tapi bukan sekedar pilihan citarasa. Kopi sering mengusung filosofinya. Tergangtung pengelola kopi itu sendiri. Di Tutuyan, Bolmong Timur, ada sebuah kedai kopi dengan konsep manual brew coffee. Pada Desember 2017 silam, kedai ini muncul dengan nama Nomaden Coffee. 

Hampir setahun berjalan, pada 28 November 2020, manajemen mengusung nama baru yaitu Morphic Coffee House. Adapun, istilah morphic berasal dari teori psikologi yaitu morphic field atau medan morphic. Sebuah penelitian tentang kehidupan kera di beberapa pulau karena stok makanan menipis.

Peneliti rutin memberikan makanan berupa kentang kepada sejumlah kera. Caranya menjatuh kentang itu dari pesawat pemantau. Sifat kera yang enggan memakan makanan yang kotor, maka banyak makanan yang tidak dimakan. 

Tapi ada satu anak kera yang mengambil kentang itu dan mencucinya di sungai. Kemudian kera lain mengikuti caranya, sampai pada kera ke-100. 

Kelak muncul fenomena yang sama, bahwa di pulau tersebut maupun di pulau lain, semua kera menjadi terbiasa mencuci makanan di sungai. Fenomena itulah yang sebut morphic field atau medan morphic.

Lantas bagaimana dengan filosofi morphic coffee? Kedai ini mengajarkan penikmat kopi untuk berani mengubah habit. Kebiasaan menenggak kopi dengan seduhan susu, gula atau pemanis lainnya.
Pengelola Morphic Coffee House mengusung konsep brew coffee. Foto: Istimewa

Kopi sehat itu adalah kopi murni. Kopi tanpa gula atau pemanis lain. "Kami ingin di Boltim itu ada femomena morphic field. Keberanian mengubah kebiasaan dan saling menularkan kepada masyarakat Boltim untuk minum kopi sehat. Kopi itu tanpa gula," ujar Yardi, pengelola Morphic Coffee House.

Yuk seruput kopi asli, kopi tanpa gula di Morphic Coffee House! (*)