SPN Polda Sulut Gelar Pelatihan Bintara Pengemudi VIP-VVIP dan Polwan Negosiator -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

SPN Polda Sulut Gelar Pelatihan Bintara Pengemudi VIP-VVIP dan Polwan Negosiator

editor: hut_kamrin
Senin, 09 November 2020

Pelatihan Bintara pengemudi VIP-VVIP. Foto: Istimewa

Manado, KOMENTAR.ID 

SPN (Sekolah Polisi Negara) Polda Sulut (Sulawesi Utara) menyelenggarakan pelatihan bintara pengemudi VIP-VVIP dan Polwan negosiator tahun 2020 selama 6 hari, mulai 9 hingga 14 November mendatang.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Iwan Sonjaya, Senin (09/11) pagi, di Graha Dotulong SPN, dihadiri para Pejabat Utama Polda Sulut. Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta pelatihan kepada dua perwakilan.

Kapolda Sulut Irjen Pol RZ Panca Putra dalam amanat tertulis dibacakan Dirlantas mengatakan, pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan personel yang bertugas di bidang operasional kepolisian khususnya mengemudi dan negosiator. 

Pelatihan Bintara pengemudi VIP-VVIP. Foto: Istimewa

“Aksi unjuk rasa marak terjadi akhir-akhir ini di wilayah Sulut. Untuk menghadapi aksi tersebut, diperlukan negosiator yang tugasnya diemban oleh personel Polwan. Dalam hal ini diperlukan personel Polwan yang profesional untuk dapat melayani masyarakat dengan mengedepankan kearifan lokal,” ujar Kombes Pol Iwan Sonjaya.

Lanjutnya, untuk pelatihan mengemudi ini diadakan mengingat keberadaan seorang pengemudi di lapangan dalam tugas kepolisian menjadi suatu bagian yang sangat penting, terlebih saat mengemudikan kendaraan dengan membawa penumpang VIP-VVIP.

“Beberapa skill yang harus dimiliki seorang pengemudi VIP-VVIP yaitu keterampilan dan keamanan saat mengemudikan kendaraan, dan yang tidak kalah pentingnya yaitu etika pengemudi itu sendiri,” jelas Kombes Pol Iwan Sonjaya.

Walaupun pelatihan ini sangat singkat, tetapi diharapkan seluruh peserta dapat memanfaatkan waktu dengan semaksimal mungkin, dan setelah selesai mengikuti pelatihan mampu mengimplementasikan dalam pelaksanaan tugas.

“Ikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh dan manfaatkan waktu yang ada selama pembelajaran dengan optimal untuk dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya. Jaga kebersihan diri dan lingkungan, serta tetap terapkan protokol kesehatan,” pungkas Kombes Pol Iwan Sonjaya.

Peserta pelatihan tersebut berasal dari Satker dan Satwil (Polresta dan Polres jajaran) berjumlah 80 orang. Dengan perincian, peserta pelatihan pengemudi VIP-VVIP 50 orang, dan negosiator 30 orang. Sedangkan tenaga pendidik/instruktur berasal dari SPN Polda Sulut, Satker pembina fungsi, serta personel Korlantas Polri. (*)