Profesor Paula Jawab Keraguan Publik tentang 10 Ribu Rumah Layak Huni -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Profesor Paula Jawab Keraguan Publik tentang 10 Ribu Rumah Layak Huni

editor: hut_kamrin
Selasa, 17 November 2020

Calon Walikota Manado Prof Dr Julyetha Paula Amelia Runtuwene. Foto: Istimewa

Manado, KOMENTAR.ID 

Rumah layak huni yang menjadi program unggulan pasangan calon Walikota - Wakil Walikota Manado Prof Dr Julyetha Paula Amelia Runtuwene - Dr Harley Benfica Alfredo Mangindaan MM (JPAR-Ai) bukan mustahil. JPAR memapar program dimaksud dalam debat publik yang diselenggarakan KPU Manado secara virtual, Selasa (17/11). 

Calon Walikota nomor urut 1 itu menjelaskan, rumah layak huni bersifat subsidi. Sasarannya adalah masyarakat berpenghasilan rendah. Rumah itu bertipe 27. Sedianya dibangun bertahap. 

“Melalui kajian, baik luas lahan rumah dan struktur bangunan agar memang betul-betul layak bagi masyarakat,” terang JPAR. 

“Lahan 100 hektar disediakan pemkot dari dana APBD karena program pemerintah nantinya. Disiapkan 3.750 hektar yang belum, sementara terbesar lahan ada di Mapanget dan Bunaken sekitar 32 ribu hektar. Artinya Mapanget bisa jadi pilihan sebagaimana memang wilayah tersebut adalah lokasi kota baru. Nantinya dimasukan tata ruang wilayah dan ada regulasi untuk memenuhi ketentuan, biaya pembangunan juga bersumber dari APBD di dinas teknis yang nantinya akan juga dibentuk BUMD sebagai pengelolah rumah tersebut.

"Kemudian pembangunan yang dilakukan bertahap akan dilakukan dan bisa tersebar di beberapa kecamatan. Ini adalah bagian dari program PAHAM menjawab kebutuhan masyarakat dan rumah tersebut bisa menjadi hak milik sendiri,” urai mantan Rektor UNIMA ini. (*)