PERAN KAUM MUDA DALAM ‘MELAWAN’ COVID-19 SAAT INI -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

PERAN KAUM MUDA DALAM ‘MELAWAN’ COVID-19 SAAT INI

editor: hut_kamrin
Rabu, 18 November 2020

Penulis: Puji G C Kalangi
Mahasiswi Unika De La Salle Manado


Pandemi Covid-19 atau disebut juga dengan virus corona merupakan virus yang sangat berbahaya bahkan mematikan. Seluruh penjuru dunia tentunya kaget akan munculnya Covid-19 ini dimana awalnya virus ini berasal dari Wuhan, China sampai menyebar ke belahan dunia. Munculnya Covid-19 ini membawa banyak sekali perubahan seperti aktivitas manusia yang semakin terbatas dimana setiap orang diwajibkan untuk menjaga jarak atau dikenal dengan (social distancing), tidak bersentuhan satu sama lain dan adapun perubahan situasi seperti wajib memakai masker, wajib mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan sesuatu, dan lain sebagainya. Penyebaran Covid-19 ini semakin meluas artinya hari ke hari virus berbahaya ini terus meningkat. Tidak hanya itu, disusul juga dengan bertambahnya tingkat kematian manusia. 

Permasalahan di sini masih banyak orang yang belum menyadari (tidak peduli) akan pentingnya untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan/diberlakukan dalam menunjang penyebaran virus ini. Upaya-upaya yang diberlakukan dari pihak manapun dalam hal ini baik pemerintah, Kementerian Kesehatan, dan pihak lainnya belum sepenuhnya berjalan dengan apa yang diharapkan. Untuk itu, disini diperlukan juga upaya, peran, keikutsertaan kaum muda akan pencegahan Covid-19 ini. 

Memang pada dasarnya yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 adalah dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Namun, untuk mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini terutama masalah di jenjang masyarakat dasar, peran dan fungsi para pemuda sebagai agent of change sangat dinantikan. Kaum muda yang memiliki intelektual yang baik tentunya sangat diharapkan untuk berperan aktif dalam hal mencegah beredarnya Covid 19. 

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah pemuda Indonesia mencapai 64,19 juta jiwa. Dengan jumlah pemuda yang sangat banyak itu, seharusnya mereka memberikan kontribusi yang lebih dalam memerangi Covid-19. Kaum muda disini berperan sangat besar sebagai agent of change artinya peran kaum muda yang optimis dan penuh tekad yang kuat dapat menjadi agen perubahan yang bergerak dan berusaha untuk bisa ikut membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. 

Di era new normal ini kaum muda dapat memanfaatkan pengetahuan mereka bahkan kemampuan teknologi untuk memberantas virus mematikan ini. Kaum muda menjadi agent of change, yaitu mereka yang mendorong terjadinya transformasi dunia ini ke arah yang lebih baik. Kaum muda pemuda yang juga kerap disebut sebagai generasi milenial mereka sangat mudah menggerakkan opini tentang Covid-19 ini, mereka dapat dengan mudah juga menyebarluaskan info tentang protokol kesehatan melalui media sosial yang ada. Melalui teknologi, Kaum muda diinginkan untuk mengajak, mengalak edukasi sekreatif mereka seperti membangun komunitas online yang dimana tujuan dibangunnya komunitas ini untuk dapat menyadarkan setiap orang akan pentingnya untuk mengetahui bahayanya Covid-19 ini. 

Dalam komunitas online ini, Kaum Muda lah yang berperan menjadi tonggak utama di mana mereka bertindak secara persuasif. Persuasif artinya yaitu mereka mengajak, membujuk, mendorong setiap orang untuk ikut serta bersama mereka dalam memberantas Covid 19 ini. Kaum Muda juga dapat memanfaatkan sosial media yang ada dengan cara mereka membuat poster yang berisi tentang ajakan untuk bersama-sama mencegah Virus Covid-19 ini. Kaum Muda juga dapat mengambil bagian dalam lingkungan masyarakat seperti contoh konkret hal kecil yaitu, ada orang tua yang tidak menggunakan masker pada saat keluar rumah disini peran kaum muda dapat menyadarkan mereka dengan menegur dengan sopan dan mengingatkan kembali orang tua tersebut untuk mengikuti dan menghargai aturan yang sudah ditetapkan. Jelaskan dan ingatkan selalu pentingnya untuk diam di rumah membatasi kegiatan di luar (stay at home) dan jadilah relawan yang baik bagi lingkungan sekitar. 

Peran Kaum Muda memang tidak membawa pengaruh yang besar dan banyak akan tetapi, upaya mereka merupakan salah satu upaya yang diharapkan bangsa karena mereka inilah yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa. Untuk itulah, peran Kaum Muda harus terus ditegakkan sebagai penunjang persatuan dan kesatuan bangsa. (*)