P2U Rutan Manado Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jenis Sabu -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

P2U Rutan Manado Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jenis Sabu

editor: steward_ruslan
Rabu, 18 November 2020

Petugas rutan mengamankan WBP yang berkaitan dengan penyelundupan sabu. Foto: Istimewa

Manado, KOMENTAR.ID

Kesigapan  dua personil Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado  akhirnya berhasil menggagalkan aksi penyelundupan narkoba jenis sabu dari paket yang dibawa oleh seseorang untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) penghuni Rutan Manado,  Selasa (17/11).  

Barang haram itu berhasil diamankan oleh dua Petugas P2U Rutan Manado Charles Opit dan Efan Rumimpunu setelah dengan teliti melakukan pemeriksaan pada barang yang di bawa oleh kerabat WBP, yang rencananya akan diberikan kepada salah seorang WBP yang ada di Rutan Manado.

Menurut keterangan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado Rico S. Wendur S.H.,M.H yang juga merupakan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Manado  sekira pukul 15.45 Wita, bertempat di ruang penggeledahan barang ditemukan benda mencurigakan yang diduga barang terlarang Narkoba jenis sabu yang dikemas rapi dalam sebuah charge tipe Samsung yang sudah dimodifikasi dan dicampurkan kedalam makanan dengan modus penyelundupan  mensisipkan satu paket sabu kedalam  kepala carge yang dicampurkan kedalam makanan dan dibawa oleh oknum tersebut, pengirim atas nama Renaldy Nadja yang merupakan teman dari WBP  Shandy Lopulalang," terang Rico

Penggagalan penyelundupan narkoba ini adalah bukti keseriusan jajaran Pemasyarakatan dalam menegakkan komitmen perang terhadap narkoba dari dalam Lapas dan Rutan.
Berdasarkan temuan itu, pihak Rutan Manado langsung berkoordinasi dengan Ditres Narkoba Kepolisian Daerah Sulawesi Utara, untuk proses hukum lebih lanjut dan mengamankan WBP atas nama Shandy Lopulalang untuk melakukan pengembangan penyelidikan atas kejadian tersebut. (*)