Jika Menang, Sonya-Syarif Bangun Mushola di Kantor Walikota Manado -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Jika Menang, Sonya-Syarif Bangun Mushola di Kantor Walikota Manado

editor: komentar.id
Selasa, 03 November 2020

Calon Walikota Manado Sonya Selviana Kembuan menandatangani nota kesepakatan bersama umat muslim, Senin (02/11/2020). Foto: Istimewa/WhatsApp


Manado, KOMENTAR.ID


Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, Sonya Selviana Kembuan-Syarifudin Saafa, terus bekerja maksimal agar menang di Pilkada Manado 9 Desember nanti.


Ada satu poin yang akan direalisasikan Sonya-Syarif jika menang. Yakni, membangun mushola yang representatif di Kantor Walikota Manado.


Satu poin ini tergambar jelas dalam 16 klausul nota kesepakatan antara Sonya-Syarif dan masyarakat umat islam di Kota Manado.


Di mana nota kesepakatan yang mulai beredar luas di media sosial, terlebih aplikasi perpesanan WhatsApp (WA) grup itu, ditandatangani oleh delapan orang pemangku kepentingan, tak kecuali Sonya dan Syarif.


Di poin pertama, Sonya-Syarif menawarkan pengangkatan ASN muslim dalam jabatan eselon II, III dan IV termasuk camat dan lurah minimal 30 persen.


Kemudian poin kedua pengangkatan guru muslim sebagai kepsek baik tingkat SD dan SMP sebanyak 30 persen. Lalu poin ketiga, pengangkatan THL muslim sebanyak 30 persen di Pemkot Manado. 


Di poin empat dalam nota kesepakatan, adalah pemberian surat hibah untuk Masjid Al-Khairiyah Texas Kecamatan Wenang, yang selambatnya dilakukan tiga bulan setelah dilantik.


Poin kelima, pemberian jaminan terhadap PKL untuk dapat berjualan di pusat kota pada Bulan Ramadhan dan Bulan Desember, kemudian poin enam pembangunan mushola di Kantor Walikota Manado (lengkapnya lihat foto nota kesepakatan).




Ketua Tim Pemenangan Sonya-Syarif, Amir Liputo SH, membenarkan adanya kontrak politik yang dijabar dalam 16 poin nota kesepakatan.


Menurut dia, nota kesepakatan yang dilakukan antar pasangan calon dan masyarakat, adalah hal lumrah dalam sebuah kontestasi, termasuk pilkada.


“Ya iya, itu kontrak politik yang dibuat. Sederhana saja, bila cocok dan suka, ya silakan pilih pasangan ini. Kan begitu,” ujar Liputo menjawab konfirmasi wartawan via telepon, Selasa (03/11/2020).


Dia menginformasikan, penandatanganan nota kesepakatan itu, dilakukan pada hari Senin tanggal 2 November 2020, di Hotel Elva Manado. 


“Ada delapan orang yang bertanda tangan. Ini adalah kontrak politik pasangan Sonya Syarif dan masyarakat muslim di Kota Manado,” tukas politisi senior itu.


(kid/yha)