Gugat Onibala, LSM Minta Ganti Rugi Immateril Rp31 Miliar -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Gugat Onibala, LSM Minta Ganti Rugi Immateril Rp31 Miliar

editor: hut_kamrin
Jumat, 06 November 2020

Para penggugat dan kuasa hukum LSM. Foto: Istimewa

Amurang, KOMENTAR.ID 

Penjabat Semantara (Pjs) Bupati Minahasa Selatan Mecky Onibala mangkir di persidangan, Kamis (5/11), di Pengadilan Negeri Amurang. Pada sidang perdana ini, Obibala hanya mengutus kuasa hukum Pemprov Sulut 
kuasa hukumnya Denny F Kaunang SH, Jellij FB Dondokambey SH dan Notje O Karamoy SH. Ketiganya merupakan advokat pada LKBH Korpri Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Sementara, dari kubu LSM dan Ormas sebagai penggugat, ada kuasa hukum Maykel R Tielung SE SH MA dan Paul A Walsen SH. 

Sidang dengan nomor perkara 126/Pdt.G/2020/PN Amr ini ditangani hakim Royke Harold Inkiriwang SH selaku ketua majelis, Erick Christoffel SH dan Friska Maleke SH MH sebagai anggota majelis.

Persidangan masih dalam tahap mediasi tertutup yang dipimpin Dr BM Cintia Buana SH MH.

"Kami optimis pada gugatan kami dan kami yakin majelis hakim akan mengabulkan permohonan kami. Selebihnya kita lihat saja sidang pekan depan," ujar Advokat Paul Walsen, kuasa hukum penggugat.

Menyinggung perbuatan melawan hukum (PMH) Onibala, penggugat meminta ganti rugi berupa materil dan immateril. Perkiraan kerugian immateril Rp31 miliar rupiah. "Yah tentunya itu adalah sesuatu yang sangat wajar untuk nilai immaterilnya," tambah Walsen. 

Hakim mediator meminta tergugat yakni Drs Meiki M Onibala MSi agar dihadirkan pada sidang mediasi berikutnya. 

Aliansi Ormas LSM Minsel yang dipimpin para pimpinan presidium antara lain, Noldy Poluakan ketua INAKOR Minsel, Hanny Pantow Ketua LAKI Minsel, Joy Stefanus T dari PAMI Perjuangan, termasuk warga.

(Roger Pelealu)