Disuntik Rp19,4 Miliar, GSVL Berharap Sektor Pariwisata Bangkit dengan Prokes CHSE -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Disuntik Rp19,4 Miliar, GSVL Berharap Sektor Pariwisata Bangkit dengan Prokes CHSE

editor: hut_kamrin
Rabu, 11 November 2020

Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut SH MSi DEA (GSVL). Foto: Istimewa

Manado, KOMENTAR.ID

Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut SH MSi DEA (GSVL) terus memacu kinerja di masa pandemi covid-19. Kendati desain programnya di APBD Perubahan 2020 tamat, GSVL masih bisa berupaya kran bantuan pusat. 

Dan terbukti, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sepakat untuk mengucur dana sebesar Rp19,4 miliar dalam rangka penguatan ekonomi nasional (PEN).

Ditemui KOMENTAR.ID pada Selasa (10/10) di kediamannya, GSVL mengurai formulasi penggunaan dana suntikan kementerian tersebut.

Dominan tujuan dana hibah itu untuk restoran dan hotel. Tapi, sasaran yang lebih tepat adalah usaha hotel dan restoran yang dalam kategori berprestasi sebelum pandemi. Memiliki izin,  taat membayar pajak, mampu membina tenaga kerja dan  memiliki standar pelayanan terbaik.

"Dengan dana hibah dari kementerian ini akan membangkitkan kembali sektor ekonomi pariwisata yang terdampak covid-19,” tutur GSVL.

Sesuai petunjuk pelaksanaan dari pemerintah pusat, 70 % dari total hibah untuk restoran dan hotel yang memiliki izin dan berkontribusi terhadap PAD Kota Manado pada tahun lalu. Sisa 30 % akan dimanfaatkan untuk implementasi protokol kesehatan (prokes) yang memerhatikan unsur clean, healty, safety, environment (CHSE), yaitu kebersihan, kesehatan, keamanan, dan lingkungan hidup dalam tempat-tempat wisata untuk memastikan keamanan wisatawan. Termasuk revitalisasi sarana pariwisata. 

"Pemerintah sudah punya panduan itu untuk memastikan setiap tempat wisata tersebut mengikuti panduan dan bisa menjamin adanya pemenuhan dari CHSE," tandas GSVL. (*)