Biden: Kita Segera Akhiri Era Setanisasi di AS -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Biden: Kita Segera Akhiri Era Setanisasi di AS

editor: komentar.id
Minggu, 08 November 2020

Presiden AS Terpilih Joseph Robinette Biden Jr bersama wakilnya Kamala Harris. Kamala Harris adalah wapres perempuan pertama Amerika Serikat. Foto: Istimewa/The New York Times


AS, KOMENTAR.ID


Kandidat Demokrat Joseph Robinette Biden Jr, mengalahkan calon petahana Donald Trump di Pemilu AS tahun 2020.

Joe Biden terpilih sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat, pada hari Sabtu (07/11/2020) waktu AS.


Joe Biden mencapai kemenangan dengan menawarkan pesan penyembuhan dan persatuan. Dia berjanji untuk memulihkan normalitas politik dan semangat persatuan nasional untuk menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi yang mengamuk.


Melansir nytimes.com (New York Times) Minggu (08/11/2020), kemenangan Biden berangkat dari penolakan terhadap Trump oleh jutaan pemilih yang kelelahan dengan tingkah lakunya yang memecah belah dan pemerintahan yang kacau.


Trump adalah presiden terpilih ketiga sejak Perang Dunia II yang kalah dalam pemilihan ulang, dan yang pertama dalam lebih dari seperempat abad.




Hasil ini juga memberikan momen sejarah bagi pasangan Biden, Senator Kamala Harris dari California, yang akan menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai wakil presiden.

 

Dengan kemenangannya, Biden, yang berulang tahun ke 78 akhir bulan ini, memenuhi ambisinya selama puluhan tahun dalam upaya ketiganya menuju Gedung Putih, menjadi orang tertua yang terpilih sebagai presiden.  


“Biarlah era setanisasi yang suram di Amerika ini mulai berakhir di sini dan sekarang,” katanya.


Kemenangan Biden, yang terjadi 48 tahun sehari setelah ia pertama kali terpilih menjadi Senat Amerika Serikat, memicu perayaan yang meriah di kota-kota yang condong ke Demokrat.  


Di Washington, orang-orang berbondong-bondong ke jalan-jalan dekat Gedung Putih dan bersorak ketika mobil-mobil berbendera Amerika melaju dengan membunyikan klakson.


(kid/nyt)