Awas ! Klaster KPUD Ancam Sangihe, 91 KPPS Reaktif Rapid Tes -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Awas ! Klaster KPUD Ancam Sangihe, 91 KPPS Reaktif Rapid Tes

editor: verry_bawoleh
Jumat, 20 November 2020

Media Gathering KPUD Sangihe (Foto Komentar.ID)

Tahuna, KOMENTAR.ID


Tanda awas munculnya klaster Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara patut diwaspadai.

Pasalnya, dari hasil rapid tes terhadap
3087 penyelenggara pemilu  KPUD Sangihe, 91 orang dinyatakan reaktif

Hal ini diungkap Ketua KPUD Sangihe, Elysee Sinadia saat memaparkan materi pada kegiatan Media Gathering KPUD bersama insan Pers setempat, Kamis (19/11/20).

"Memang cukup banyak yang reaktif saat kami melaksanakan rapid test bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), yakni ada 91 anggota,"ungkap Elysee.

Ancaman Covid-19 secara bergelombang masih akan terus terjadi mengingat hasil rapid tes yang dilakukan KPUD baru menyentuh 7 kecamatan dari 15 kecamatan di kawasan yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina tersebut.

"Saat ini kami masih menunggu hasil rapid tes anggota KPPS lainnya dari Rumah Sakit Liunkendage Tahuna, sebab yang dilakukan rapid tes ada sebanyak 3087 orang,"ujarnya.

Sementara itu sambil menunggu tindak lanjut pemeriksaan swab, untuk memastikan apakah mereka terpapar Covid-19 atau tidak, saat ini 91 anggota KPPS telah melakukan isolasi mandiri.

"Jadi hasil reaktif terhadap 91 anggota KPPS, segera dilanjutkan dengan pemeriksaan swab, agar dapat dipastikan apakah mereka terpapar Covid-19 atau tidak,"kata Elysee, yang juga menambahkan, hasil sementara rapid tes pada tujuh kecamatan, yakni Kecamatan Tahuna, Kecamatan Tahuna Timur, Kecamatan Tahuna Barat, Kecamatan Kendahe, Kecamatan Manganitu, Kecamatan Tamako serta Kecamatan Tabukan Tengah.