Tumbelaka: Pjs Gubernur Sulut Harus Tegas Tindak Pjs Bupati tidak Netral -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Tumbelaka: Pjs Gubernur Sulut Harus Tegas Tindak Pjs Bupati tidak Netral

editor: komentar.id
Kamis, 15 Oktober 2020

Taufik Tumbelaka. Inzet: Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni. (Kolase Komentar.ID)


Manado, KOMENTAR.ID


Dinamika politik semakin hangat jelang Pilkada Serentak 9 Desember 2020. Terkait hal ini Pengamat Politik Pemerintahan Sulut Taufik M Tumbelaka menyurati Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Sulut, Agus Fatoni, Rabu (14/10/2020)


Tumbelaka memberi masukan ke Pjs Gubernur Sulut dengan fokus kualitas pilkada, netralitas ASN tak kecuali netralitas 5 Pjs Bupati/Walikota di Sulut.


"Saya menyampaikan pandangan, masukan dan saran kepada Saudara Pjs Gubernur Sulut agar tugas pokok dan fungsi beliau selaku Pjs Gubernur dapat berjalan dengan baik. Ada dua tugas utama seorang Pjs Gubenur, Bupati dan Walikota, yaitu membuat roda pemerintahan berjalan dengan baik dan mewujudkan Pilkada yang berkualitas. Itu semua akan dapat berjalan lancar karena salah satu variabelnya adalah sikap netral ASN,” ujar Taufik M Tumbelaka, di Manado, Kamis (15/10/2020).


Jebolan Fisipol UGM ini juga menyoroti secara khusus soal netralitas para Pjs Bupati/Walikota di Sulut.


"Saya berharap Pjs Gubernur Sulut dapat memantau secara khusus kinerja 5 Pjs Bupati Walikota terutama terkait sikap netral dalam gerak langkahnya. Ketidaknetralan akan berimbas resistensi dengan muara roda pemerintahan akan tidak berjalan dengan baik dan pilkada akan tidak berkualitas,” tegas Tumbelaka.


Tumbelaka juga mengingatkan bahwa Pjs Gubernur Sulut harus bersikap tegas jika ada Pjs Bupati/Walikota terlihat kinerjanya tidak sesuai harapan apalagi jika terindikasi tidak netral.


"Diharapakan Pjs Gubernur Sulut melakukan evaluasi ketat kepada para Pjs Bupati/Walikota, jika kinerja lemah apalagi bersikap tidak netral maka langsung saja diproses penggantiannya ke Kemendagri. Hal ini penting dikarenakan jika kinerja 5 Pjs Bupati/Walikota tidak bagus maka berimbas kepada kinerja Pjs Gubernur Sulut. Ada setidaknya 5 Pejabat eselon II di Pemprop Sulut layak diajukan menjadi pengganti," pungkas Taufik M Tumbelaka yang merupakan putera Gubernur Pertama Sulut.


(kid/sbr)