Sangihe Bertaburan Chairil Anwar Cilik, 4 Pujangga Nominasi Cipta Puisi GBS -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Sangihe Bertaburan Chairil Anwar Cilik, 4 Pujangga Nominasi Cipta Puisi GBS

editor: verry_bawoleh
Kamis, 22 Oktober 2020

 

Pusat Kegiatan Gebyar Bahasa Dan Sastra (Foto Komentar.ID) 

Tahuna,KOMENTAR.ID


Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara ternyata tidak hanya kaya sastra dan budayanya, tapi turut menjadi gudang pujangga masa depan.

Mau bukti, lihat saja pada pelaksanaan Gebyar Bahasa dan Sastra (GBS) Tahun 2020, yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, ada 35 peserta pujangga cilik yang ambil bagian, dan sekitar 29 peserta pada cabang cipta puisi.

Dan dari hasil penjurian untuk menentukan nominator karya terbaik, mengemuka 4 hasil cipta karya para pujangga cilik yang saat ini berstatus siswa-siswa SMP se-Sangihe.

Fajar Gultom sendiri selaku ketua tim juri GBS 2020 cabang lomba cipta dan baca puisi, tak mampu menyembunyikan kekagumannya terhadap penerus pujangga besar tanah air Chairil Anwar, baik dari sisi pemilihan tema dan kesesuaian isi puisi dengan tema yang dipilih, kedalaman dan eksplorasi dalam menggali tema, originalitas karya, pendiksian dan gaya berbahasa, dan inovasi.
"Tanpa kita sadari, ternyata perkembangan menulis anak-anak yang notabene masih SMP ini, cukup signifikan. Dari persoalan Diksi, pemilihan kata, bahkan persoalan idiom, dan simbol-simbol lain, nyatanya mampu dimunculkan eksplorasi dengan baik, sekali lagi, mengingat mereka masih SMP,"ungkap Fajar.

Ia menilai, hasil yang ada menunjukan bahwa para peserta kelihatan sudah memahami kaidah dasar penulisan karya, yang didapatkan dari membaca buku-buku puisi.
"Ini bisa kita lihat secara keseluruhan, namun dikarenakan harus memilih 4 terbaik, maka mau tidak mau harus ada yang terbaik dari yang terbaik," lanjut pria yang akrab disapa bang Brewok.

Terkait 4 karya nominator, menurut Fajar akan ada tes lagi lewat pelaksanaan wawancara pada hari jumat (23/10/20) besok, agar karya para mominator dapat  diyakinkan merupakan karya original, dalam artian tidak ada campur tangan dari orang tua dan pendamping.
"Bahkan, di grand final tanggal 28 Oktober,  keempat nominator akan kami minta untuk pentas bersama nominator baca puisi tingkat SD,"ujarnya.

Nama-nama Nominator

1. Kobar Asa Juang Pontolondo : SMP N 4 Tahuna

2. Efraim Simbri Lahengko : SMP N 2 Manganitu

3. Marsela Sawotong : SMP N 4 Satap Tabukan Selatan Tengah 

4. Endrita Cinta Sagilateng : SMP N 2 Tamako