Rintihan Pulau Lipang, Jabes Minta PLN Sulut Segera Realisasikan Listrik -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Rintihan Pulau Lipang, Jabes Minta PLN Sulut Segera Realisasikan Listrik

editor: verry_bawoleh
Sabtu, 17 Oktober 2020

 

Hasanudin Andaria, Kepala Kampung Lipang (Foto Komentar.ID)

Tahuna,KOMENTAR.ID

Warga pulau Lipang seakan merintih melihat tetangganya pulau Kawaluso serta pulau terluar Marore, Kawio dan Matutuang telah terfasilitasi listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Rintihan warga Lipang itu langsung dicurahkan sang Kapitalaung (Kepala kampung), Hasanudin Andaria kepada Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Jabes Ezar Gaghana dan Manager PT PLN UP3 Tahuna, Mulke Gal Tumanken saat berkunjung ke pulau Lipang awal pekan ini.

Hasanudin mengaku dari lima pulau yang berada di paling utara perbatasan Indonesia-Philipina, hanya pulau Lipang yang belum menikmati listrik PLN.

Menurut Hasanudi Listrik di Lipang bukan sekedar hanya fasilitas penerangan, tapi multi fungsi untuk kepentingan warga, seperti freezer es batu untuk mengawetkan hasil tangkapan nelayan, menonton tv untuk sarana hiburan dan informasi serta kepentingan belajar anak sekolah saat malam hari lebih ekfektif.

"Kalau warga yang punya genset syukur anak sekolah boleh nyaman belajar malam hari ketika akan ujian, tapi bagi warga yang kurang mampu sudah pasti menggunakan penerang seadanya. Jadi kami sangat berharap pulau Lipang juga segera difasilitasi listrik PLN,"ungkap Hasanudin.
Bupati Jabes Ezar Gaghana dan Manager PLN Mulke Gal Tumanken (Menggunakan rompi PLN warna Crem) saat berkunjung ke pulau Lipang

Bupati Jabes Ezar Gaghana sendiri langsung menyikapi keluhan warga Lipang.

Dihadapan masyarakat penghuni pulau Lipang dan Tim PLN UP3 Tahuna, Jabes juga langsung meminta PLN Provinsi Sulut secepatnya merealisasikan jaringan listrik di pulau Lipang.

"Apalagi setahu saya fasilitas listrik sudah dipasang di pulau Lipang, tinggal pihak PT PLN Sulut yang akan merealisasikan proyek ini agar listrik di Lipang sudah bisa menyala,"ujar Jabes.

Sementara itu Manager PLN UP3 Tahuna, Mulke Gal Tumanken ditemui terpisah, membenarkan fasilitas PLN sudah disediakan di pulau Lipang, namun untuk realisasinya ia akan berkoordinasi dengan PLN Sulut sekaligus menyampaikan permintaan Bupati.

"Apalagi pak Bupati yang sudah langsung bersuara, sehingga keluhan warga pulau Lipang ini akan kami tindak lanjuti sambil berkoordinasi dengan PLN Suut"kata Mulke.