Pesawat Pertama Mendarat di Pulau Siau -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pesawat Pertama Mendarat di Pulau Siau

editor: komentar.id
Rabu, 28 Oktober 2020

Pesawat ini sukses touch down di Bandara Siau, Rabu (28/10/2020) pagi tadi. (Istimewa/FB Altria Thya)


Siau, KOMENTAR.ID


Kabupaten Kepulauan Sitaro (Siau Tagulandang Biaro), Sulawesi Utara, benar-benar punya bandara sendiri.


Meski masih dalam tahap uji coba, sebuah pesawat terlihat sudah mendarat di bandara kebanggaan masyarakat Sitaro, Rabu (28/10/2020) pagi.


Ini adalah pesawat pertama dalam sejarah yang mendarat di Pulau Siau, sebuah pulau yang memiliki gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Karangetang.


“Memang ini pesawat pertama. Ini sejarah for torang masyarakat Sitaro, khususnya di Siau,” ujar Franky Salindeho, tokoh pemuda Siau kepada wartawan via telepon, Rabu (28/10/2020).




Informasi lainnya diperoleh wartawan dari postingan pemilik akun Facebook Altria Thya. Di mana dalam postingannya Rabu (28/10/2020), tampak sebuah pesawat kalibrasi kode PK-CAQ, sukses mendarat di Bandara Siau.


“Akhirnya bandara siau sudah ada pesawatnya, sedang dalam proses uji coba guyss. Muda-mudahan peresmian sah dibukanya bandara dapat secepatnya diproses,” tulis akun Altria Thya.


“Marijo pasiar ke Siau guuyys, pasiar ke bandara Siau sekalian mo lia langsung dpe pesawat terbaru, untuk pertama kalinya di Siau, ada bandara plus dpe pemandangan alam yg memang double jempol. Semoga Siau menjadi lebih maju lagi,” tambahnya dalam keterangan foto.


Bandara Siau sebelumnya ditargetkan beroperasi pada tahun 2020. Bandara dengan landas pacu atau runway sepanjang 1.350 meter ini bisa didarati pesawat jenis ATR.


Sementara, pesawat pertama yang mendarat, ditumpangi rombongan dari Kementerian Perhubungan RI.




Mereka kemudian disambut Bupati Sitaro Evangelian Sasingen SE bersama sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat.











(kid/yha)