Pemkot Manado Beli Jetski di Masa Pandemi Covid-19 -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pemkot Manado Beli Jetski di Masa Pandemi Covid-19

editor: komentar.id
Senin, 26 Oktober 2020

 

Jetski milik Pemkot Manado jadi sarana penunjang sejumlah orang ke Pulau Bunaken dan Manado Tua. (Istimewa)



Manado, KOMENTAR.ID


Pemerintah Kota Manado ternyata sempat membeli satu unit jetski di masa pandemi Covid-19. Jetski itu dibanderol Rp484 juta, melalui APBD Dinas PUPR Kota Manado TA 2020.


“Ada pembelian satu unit jetski. Herannya anggaran ini melalui Dinas PUPR. Pagu anggarannya di Rp484 juta kalo tidak salah,” beber Anggota DPRD Manado, Royke Anter SE kepada wartawan via telepon, Senin (26/10/2020).


Dia mengaku heran dengan tindakan Pemerintah Kota Manado yang ngotot membeli jetski saat situasi pandemi Covid-19. Apalagi tahun 2019 lalu, pemkot sudah membeli dua unit jetski.


“Jadi saat ada pemangkasan anggaran untuk penanganan Covid-19, di saat itu juga ada pembelian barang ‘nda war-war’. Sekarang beli jetski for apa deng for sapa? Masa anggarannya juga di Dinas PU?” semprot Royke Anter.


Data nomenklatur pengadaan Jetski Pemkot Manado ini, menurutnya diperoleh saat rapat dengar pendapat bersama instansi terkait, dalam hal ini Bagian Unit Layanan Pengadaan atau ULP.


“Di situ kontraknya bulan Maret atau April. Sayang memang barang itu sudah ditender dan diadakan. Kalau belum, pasti torang pending pembelian jetski ini,” tegasnya.


Kepala Dinas PUPR Kota Manado Royke Mamahit ST dikonfirmasi wartawan via WhatsApp, Senin (26/10/2020) siang, tak membantah.


Namun menurut dia, jetski itu dibeli di awal tahun atau sebelum Covid-19 ‘memperkenalkan diri’ di Manado.


“Ada, awal tahun. Sebelum covid. Kenapa bro?” tulis Mamahit menjawab konfirmasi wartawan.


Mamahit tak merinci tentang jadwal pelaksanaan lelang termasuk harga dan spesifikasi terhadap pengadaan jetski dimaksud. 


Sekkot Micler Lakat SH MH dikonfirmasi terpisah, mengaku tak tahu kalau ada pengadaan jetski yang baru. 


“Mungkin itu anggaran dan pengadaan tahun lalu. Kita lupa, nanti baku cek ulang,” ujar Lakat.


Sementara dari penelusuran, Pemkot Manado punya jetski merk Yamaha GP 1800R. Jetski ini ditenagai oleh mesin 4-cylinder, 4-stroke, 1.8 Liter High Output. 


Berkapasitas 1- orang serta dilengkapi dengan sejumlah fitur seperti Security/Low-RPM Mode with Remote Transmitter, Electric Trim, Watertight Storage, Glove Box with Dual Cupholders, serta NanoXcel2 Hull. 


Dari Forum Spekharga, jetski tipe ini dibanderol dengan harga bervariasi mulai dari Rp350-an juta hingga Rp480-an juta.


(kid/yha)