Memahami Coworking Space, Program Keren MOR-HJP untuk Milenial dan Enterpreneur Muda -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Memahami Coworking Space, Program Keren MOR-HJP untuk Milenial dan Enterpreneur Muda

editor: hut_kamrin
Kamis, 29 Oktober 2020

Calon Walikota dan Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan - Hanny Jost Pajouw. Foto: Istimewa

Manado, KOMENTAR.ID -- 

Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan - Hanny Jost Pajouw (MOR-HJP) berkomitmen melayani segmen milenial dan kaum muda. Pada program ke-14, pasangan Demokrat, PAN dan PKB ini menawarkan ekosistem kerja yang sedang tren, yakni coworking space. Lantas apakah yang dimaksudkan dengan coworking space? 

Melansir berbagai sumber, coworking space berasal dari bahasa Inggris,  yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun perusahaan yang memiliki latar usaha berbeda.

Coworking space mengedepankan konsep sharing atau berbagi. Dalam satu ruangan terdapat berbagai individu, komunitas, maupun perusahaan, khususnya start-up. Praktisnya, terdapat satu ruangan terbuka untuk digunakan bersama,  dan ruangan-ruangan kecil yang dapat dipakai per individu atau per komunitas atau perusahaan. 


Untuk Manado, konsep coworking space menurut Mor Bastian sangat relevan dan menjawab kebutuhan ratusan pengusaha muda. Wakil Walikota Manado itu menjelaskan, coworking space menjadi salah satu instrumen vital bagi pekerja muda dan kaum milenial yang ingin meningkatkan vitalitas kerja, tapi dalam semangat komunal (sosial). Kemudian menjadi alternatif penting ketika beban pembiayaan kantor sulit dijangkau kaum muda. 

Sementara,  kebutuhan atas ruang kerja muncul karena banyak bisnis start-up dan pertumbuhan freelance job yang terus meningkat. 

Coworking space memiliki keuntungan yang dibutuhkan dalam berbisnis yang saat ini sangat penting, yaitu jejaring dan kolaborasi. Dengan adanya coworking space sebagai tempat enterpreneurs Manado berkumpul, para pengguna coworking space akan memiliki lebih banyak kenalan bisnis yang bisa dijadikan rekan bisnis, klien, ataupun teman diskusi. Dengan adanya kenalan dan kemungkinan berkolaborasi, bisnis kaum muda Manado bisa berkembang dengan jauh lebih pesat. Karena banyaknya kesempatan dan juga inspirasi yang didapatkan dari lingkungan yang berbeda-beda.

Coworking space juga menjadi jawaban atas permasalahan biaya operasional gedung yang terus meningkat. Karena kantor sudah disediakan oleh penyedia coworking space, pengusaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya ekstra untuk menyewa gedung, membeli furniture seperti kursi dan meja, membayar internet pengelolaan kantor (maintenance), ataupun mempekerjakan resepsionis atau keamanan. Pengguna bisa langsung bekerja dan fokus melakukan bisnis.

Fasilitas Coworking Space

Penyedia coworking space biasanya sudah menyediakan fasilitas esensial untuk bisnis selain tempat bekerja seperti koneksi internet, meeting room untuk bertemu dengan klien dan juga diskusi tim, serta minuman seperti air mineral, teh, dan kopi. Pengguna juga akan dibantu oleh resepsionis professional untuk penerimaan surat dan paket yang masuk. Sebagian coworking space juga menyediakan alamat virtual untuk keperluan legalitas. 

Ilustrasi coworking space. 

Siapa saja yang cocok menggunakan Coworking Space?

Coworking space ditawarkan sebagai solusi bagi pengusaha-pengusaha muda yang ingin bekerja dengan manfaat lebih besar dan biaya yang lebih kecil. Coworking sering digunakan oleh bisnis UMKM dan juga pekerja profesional seperti freelance. Selain itu, bisnis konvensional pun bisa saja memanfaatkan komunitas dari coworking space untuk keperluan diskusi dan juga kerjasama bisnis. (*)