Mantan Bupati Talaud Dikurung di Lapas Wanita Tangerang -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Mantan Bupati Talaud Dikurung di Lapas Wanita Tangerang

editor: komentar.id
Selasa, 27 Oktober 2020

Mantan Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip. (Istimewa/Liputan6)


Jakarta- Mantan Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip dijeblos ke Lembaga Pemasyarakatan Anak Wanita Tangerang, Senin (26/10/2020). Ini dilakukan setelah putusan terhadap Sri Wahyumi telah berkekuatan hukum tetap.


"Jaksa Eksekusi KPK Leo Sukoto Manalu telah melaksanakan putusan Peninjauan Kembali No.270PK/Pid.Sus/2020 tanggal 25 Agustus 2020 atas nama Terpidana Sri Wahyumi Maria Manalip dengan cara memasukkan ke Lembaga Pemasyarakatan Anak Wanita Tangerang untuk menjalani pidana penjara selama dua tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (26/10/2020).


Sri Wahyumi dalam putusan peninjauan kembali divonis dua tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 6 bulan kurungan. Menurut Ali, Sri Wahyumi telah membayar uang denda tersebut.


"Terpidana juga telah melunasi pembayaran denda sebesar Rp 200 juta dan telah disetorkan ke kas negara sebagai bagian aset recovery pada hari Jumat (2/10/2020)," kata Ali.


Diberitakan sebelumnya, MA memotong masa hukuman mantan Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip. MA memotong hukuman Sri Wahyumi menjadi dua tahun penjara. Sri Wahyumi sebelumnya divonis empat tahun enam bulan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor.


Sri Wahyumi Maria Manalip menjalani sidang pertama setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin 23 September 2019.


Sri diduga menerima suap berupa barang mewah senilai ratusan juta rupiah terkait proyek revitalisasi pasar di Kabupaten Talaud.


(kid/lp6/wtk/*)