KPU Tomohon Tetapkan Batas Nominal Dana Kampanye Rp 12,9 MIliar -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

KPU Tomohon Tetapkan Batas Nominal Dana Kampanye Rp 12,9 MIliar

editor: jandry_kandores
08 Oktober 2020

Anggota KPU Tomohon, Robby Golioth. Foto: Istimewa


Tomohon, KOMENTAR.ID


Komisi Pemilihan Umum Tomohon menyepakati besaran penggunaan dana kampanye pasangan calon sebesar Rp 12,9 miliar. Angka ini adalah batas besaran dana kampanye yang akan digunakan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tomohon sampai 5 desember 2020.


Anggota KPU Tomohon Robby Golioth mengatakan, pasangan calon harus memerhatikan ketentuan ini. Dengan tegas menurutnya jika melebihi nominal yang sudah ditentukan, maka keikutsertakan paslon dalam pilkada akan dibatalkan.


“Karena sudah melanggar ketentuan pembatasan pengeluaran dana kampanye dan akan dikenakan sanksi berupa pembatalan pasangan calon,” ujar Golioth, Kamis (08/10/2020).


Ketentuan tersebut menurutnya diatur dalam PKPU Nomor 5 tahun 2017 mengenai Pembatalan Paslon.


Sementara, untuk sumbangan ke paslon, baik dari individu atau perorangan dan badan usaha, juga wajib sesuai dengan PKPU yang ada.


“Bisa saja uang pribadi paslon di atas Rp 750 juta, tapi bagi sumbangan dana kampanye yang masuk dari perorangan dan badan hukum sudah jelas tidak bisa lewat dari Rp 75 juta untuk perorangan dan Rp 750 juta untuk badan hukum dan totalnya tidak melebihi Rp 12,9 miliar,” tukasnya.


(kid/dox)