Kemampuan Fisik Prajurit Kodim Sangihe Ditempa Lewat Samapta Periodik -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Kemampuan Fisik Prajurit Kodim Sangihe Ditempa Lewat Samapta Periodik

editor: verry_bawoleh
Kamis, 22 Oktober 2020

 

Samapta Periodik Kodim Sangihe (Foto Komentar.ID)

Tahuna, KOMENTAR.ID

Tak terkecuali Perwira, Bintara dan Tamtama dilingkup Kodim 1301 Sangihe Provinsi Sulawesi Utara, semua wajib mengikuti Samapta Periodik kedua Tahun 2020, yang dilaksanakan di Lapangan Gesit Tahuna Kamis (22/10/20)

Samapta Periodik yang dilaksanakan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena situasi dan kondisi Pandemi Covid 19, sehingga seluruh anggota diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, yaitu pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan dan jaga jarak.

Sebelum prajurit ditempa dalam tahapan Kesamaptaan jasmani, diawali dengan pengisian blangko ceklis pemeriksaan tensi darah oleh Tim Kesehatan Polkes 13.09.01 Sangihe Talaud dan dilakukan peregangan serta pemanasan untuk menghindari cidera saat pelaksanaan samapta. 

Dari pantauan di lapangan, kesamaptaan jasmani yang dilakukan meliputi samapta A yaitu lari 3200 meter dan samapta B yang meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges serta Shuttle Run (Lari angka delapan). 

Khusus pada pelaksanaan lari 3200 M peserta diperbolehkan membuka masker sesuai dengan petunjuk pelatih jasmani. 

Dandim 1301/Sangihe Letkol Infantri Rachmat Christanto, S.I.P yang turut ikut dalam kegiatan,  mengingatkan seluruh anggota dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan penuh semangat dan betul-betul dilaksanakan namun tidak mengabaikan faktor keamanan.

"Kita boleh bersemangat dan ingin mencapai hasil yang maksimal, namun demikian jangan abaikan faktor keamanan. Bila mengalami pusing atau dada sesak jangan di paksakan, dan segera menepi. Jangan malu atau gengsi dengan teman, sehingga kita paksakan dan dapat merugikan diri sendiri,"ucap Rachmat.

Dijelaskan pula, pelaksanaan samapta ini merupakan program rutin dari komando atas, dengan tujuan membina dan mengukur setamina prajurit TNI AD, dan waktu pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 2 hari, karena ada anggota lain yang melaksanakan dinas dalam dan jaga di Pos-pos Covid 19.

"Kegiatan ini sangat penting dilakukan apalagi bagi anggota yang akan melaksanakan tes kenaikan pangkat maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, dan dalam menunjang program lainnya sebagai tolak ukur kemampuan setiap prajurit,"ujarnya.