CEP, VAP dan Olly Berebut 1.831.867 Suara Pemilih -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

CEP, VAP dan Olly Berebut 1.831.867 Suara Pemilih

editor: hut_kamrin
Senin, 19 Oktober 2020

Christiany Eugenia Paruntu (kiri atas), Vonnie Anneke Panambunan (kanan atas), Olly Dondokambey (bawah). Foto: Kolase KID

Manado, KOMENTAR.ID --

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Minggu (18/10). DPT tahun 2020 itu berjumlah 1.831.867. Jumlah ini tersebar di 15 kabupaten dan kota.

Pleno penetapan DPT melibatkan Bawaslu Sulut. "Pemutakhiran daftar pemilih ini tidak akan maksimal, jika tidak melibatkan semua pihak. Terutama Bawaslu yang selalu melakukan pengawasan termasuk menyampaikan data by name by address, untuk menekan potensi pelanggaran dalam hal pemutakhiran daftar pemilih,” ujar Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh.

Dengan jumlah DPT ini, pasangan calon Gubernur - Wakil Gubernur Christiany Eugenia Paruntu - Salim Sehan Landjar (CEP-SSL), Vonnie Aneke Panambunan - Henry Runtuwene (VAP-HR), dan  Olly Dondokambey - Steven Kandouw (Olly-Steven) dapat menghitung kekuatan dan konstelasi pemilih.

Meski sudah ditetapkan, KPU menegaskan bisa terjadi perubahan jika ada kasus tertentu. 

”Misalnya, mencoret atau menandai pemilih yang meninggal setelah kita menetapkan DPT atau berubah status menjadi TNI/Polri, atau pindah domisili dan lain sebagainya yang bisa kita layani melalui penetapan daftar pemilih nanti daftar pemilih tambahan maupun daftar pemilih pindahan,” jelas Mewoh.

Sementara itu, Pimpinan Bawaslu Sulut Kenly Poluan berterima kasih kepada KPU Sulut dan KPU Kabupaten/Kota yang sudah merespon rekomendasi Bawaslu. 

“Semoga dalam proses penyusunan daftar pemilih tambahan dan tentu pelayanan pemilih pindahan dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Dengan meneguhkan prinsip-prinsip imprasialitas dalam penyelenggaraan pilkada maupun dilakukan secara transparan,” imbuh Poluan. (*)