BPK Periksa Penggunaan Dana Covid-19 Pemkab Minut -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

BPK Periksa Penggunaan Dana Covid-19 Pemkab Minut

editor: komentar.id
Senin, 19 Oktober 2020

Rapat pemeriksaan awal oleh Tim BPK digelar melalui video conference. (Istimewa)


Minut, KOMENTAR.ID


Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI melalui video conference (vidcon), Senin (19/10/2020).


Pjs Bupati Kabupaten Minut Clay Dondokambey mengatakan, Pemkab Minut pada tahapan awal audit BPK diperiksa terkait penggunaan dana Covid-19.


“Minggu yang kemarin mereka exit meeting ketika tahapan permintaan dokumen dan pemberkasan itu sudah diminta.  Nah sekarang mereka masuk lagi untuk tahapan kedua kaitan dengan pemeriksaan terperinci, lebih terperinci lagi terkait dengan dokumen yang sudah dimasukkan oleh perangkat-perangkat daerah yang teralokasikan dana Belanja Tidak Terduga atau BTT untuk penanganan covid,” jelas Clay Dondokambey.


Dia juga menambahkan, dalam tahap pemeriksaan terperinci ini ada tiga

hal yang akan ditempuh atau yang dilakukan oleh tim pemeriksa BPK RI.


Tim pemeriksa BPK menurutnya akan memeriksa kesesuaian belanja dengan aturan, lalu akan memeriksa kesesuaian antara belanja barang dan jasa apakah sesuai dengan kebutuhan dari penanganan covid itu sendiri, kemudian akan memeriksa ke lapangan terkait dengan distribusi dan penyaluran komponen-komponen penanganan Covid-19.


“Jadi selain periksa dokumen, BPK juga akan kroscek ke lapangan terkait pemanfaatan dana tersebut,” tukasnya.


(erl/kid)