Belum Digunakan, Plaza Kuliner Pantai Pananualeng Dipertanyakan -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Belum Digunakan, Plaza Kuliner Pantai Pananualeng Dipertanyakan

editor: verry_bawoleh
Kamis, 29 Oktober 2020

Plaza Kuliner Pantai Pananualeng (Foto Komentar.ID)


Tahuna, KOMENTAR.ID

Sedikitnya ada 10 petak warung permanen Plaza Kuliner yang dibangun Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Sangihe di Pantai Wisata Kampung Pananualeng Kecamatan Tabukan Tengah belum digunakan.

Sontak, tanda tanya pun langsung mencuat dari sejumlah pengunjung yang penasaran melihat Plaza Kuliner itu masih kosong melompong, padahal pembangunannya telah tuntas beberapa bulan lalu.

Tak hanya mempertanyakan belum difungsikannya Plaza Kuliner, pengunjung juga bingung tiba-tiba bangunan permanen tersebut berdiri disamping kiri kanan warung kuliner lainnya yang hanya berdinding tripleks dan bambu.

"Kami heran mengapa Plaza Kuliner itu belum ditempati. Kami juga melihat bentuk bangunannya tidak cocok, ibarat bangunan warung di pasar-pasar tradisional, sehingga pemandangannya menjadi rancu,"ungkap salah satu pengunjung. 

"Memang jadi rancu melihat model bangunannya, karena justru lebih menarik jika warung-warung kuliner pantai Pananualeng tetap seperti yang sudah ada, menggunakan bahan sederhana dari bambu dan atap rumbia,"celetuk pengunjung lainnya, sembari menambahkan ada baiknya anggaran untuk pengembangan pantai Pananualeng difokuskan untuk pengadaan sarana lain, seperti banana boat atau perahu bebek.

Salah satu warga yang juga penjual kuliner ketika ditemui awak media, mengaku tak tahu menahu kapan bangunan permanen itu akan digunakan.

"Kami hanya dengar Plaza Kuliner itu akan diberikan kepada penjual yang tempat berjualannya   sudah dirusak untuk dijadikan lokasi warung permanen. Sementara saat ini ada puluhan penjual lainnya masih tetap berjualan di warung-warung sederhana,"ujar penjual yang tak mau namanya dipublikasikan.

Apa tanggapan Kepala Dinas Pariwisata Sangihe, Jefry Tilaar ketika dikonfirmasi? Katanya, Plaza Kuliner itu memang belum digunakan mengingat dampak situasi pandemi Covid-19.

"Ditengah pandemi Covid-19 seperti ini sudah pasti tempat wisata sepi, termasuk pantai wisata Pananualeng. Jadi kami belum memberikannya kepada penjual, karena menunggu situasi normal kembali,"jelas Jefry.







































.