Tahapan Pendaftaran Pilkada Minut Sukses, Tiga Bapaslon Berterima Kasih ke KPU -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Tahapan Pendaftaran Pilkada Minut Sukses, Tiga Bapaslon Berterima Kasih ke KPU

editor: komentar.id
Kamis, 17 September 2020

Tahapan pendaftaran bapaslon di Kantor KPU Minut, berlangsung sukses. (foto: istimewa) 

Minut, KOMENTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (KPU) sukses melakoni tahapan pendaftaran bakal pasangan calon 
(bapaslon) Pilkada 2020,  4-6 September lalu.

"Walaupun berlangsung cukup lama, kami berterima kasih kepada pihak penyelenggara dalam hal ini KPU Minahasa Utara karena proses pendaftaran kami bisa berjalan dengan baik dan sesuai regulasi yang ada. Tentunya dengan dukungan beberapa partai politik yang akumulasinya 60 persen kursi di DPRD, kami yakin menang Pilkada 9 Desember mendatang. Persembahan kami ini untuk kesejahteraan warga Minut,” ujar Bakal Calon Bupati Minut, Joune Ganda.

Meski sukses digelar, jalannya proses pendaftaran ketiga bapaslon ini diwarnai berbagai dinamika. 

Bahkan, sempat muncul segelintir berita jika KPU Minut mempersulit bapaslon yang mendaftar. 

Kabar ini mengemuka setelah Bapalson Shintia Gelly Rumumpe-Netty Agnes Pantow (SGR-NAP) tidak 
diperkenankan masuk ruang pendaftaran. 

Pasalnya, baik SGR maupun NAP tidak bisa menunjukan surat keterangan asli hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) untuk dinyatakan bebas dari COVID-19 dan akhirnya diminta untuk mengikuti proses pendaftaran melalui video confrennce dan hanya perwakilan parpol yang diizinkan masuk untuk mengikuti proses pendaftaran.

Pun terkait adanya berita pendaftaran dipersulit KPU, pihak partai pengusung SGR-NAP seusai pendaftaran langsung membantah hal ini. 

Ketua DPC PKB Minut Sarhan Antili menegaskan, dinamika yang terjadi saat 
pendaftaran merupakan bagian dari konsistensi KPU dalam menerapkan aturan pilkada.

"Setelah cukup alot kami berterima kasih kepada KPU. Kalau ada berita bahwa seakan-akan KPU mempersulit, saya kira tidak ada. Karena memang ada beberapa berkas yang harus kita benahi, sehingga proses sampai malam hari,” kata Antili.

Dia juga menambahkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang sudah ikut membantu dan mensukseskan tahapan pendaftaran tersebut. 

"Terima kasih juga kepada aparat keamanan, Ibu Kapolres, Pak Dandim, LO dan semua yang terlibat, kita tinggal menunggu keputusan sah," tambahnya.

Komisioner Divisi Teknis KPU Minut H Darul Alim juga mengungkapkan bahwa pihak kpu tidak akan menghalangi proses pendaftaran calon dan hanya mengikuti sesuai regulasi.

"Hasil swab itu tidak akan menghalangi pendaftaran dari bakal calon bupati dan wakil bupati. Buktinya, proses pendaftaran tetap dilanjutkan dan berkas SGR-NAP dinyatakan lengkap dan diterima KPU,” ungkap Darul.

Sebelum SGR-NAP, Bapaslon Sompie Singal-Joppie Lengkong (KIS-JO) telah lebih dahulu mendaftar di KPU Minut.

Bapaslon KISS-JO menjadi yang kedua yang mendaftar setelah sempat diinformasikan mendaftar di hari Sabtu (05/09/2020) kedatangan KISS-JO tertunda di hari Minggu (06/09/2020).

Tepat usai pendaftaran, Sompie Singal pun mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan. 

"Kami bersyukur kepada Tuhan. Karena selalu menolong dan membimbing kami. Kami selalu berdoa agar kami bisa memenangkan Pilkada Minut 2020," kata Sompie Singal.

Joppie Lengkong juga menjelaskan bagaimana perjuangan mereka untuk dapat mendaftarkan diri sebagai bapaslon di Pilkada Minut ini.

"Perjuangan cukup berat. sampai kemarin masih ada pergumulan.Tapi puji Tuhan, kita bisa ditolong sampai sekarang bisa mendaftar, dan pendaftaran kita diterima," tambah Joppie Lengkong.

Ada pun komisioner KPU Minut yang selalu hadir dalam proses pendaftaran tersebut, Stella Runtu selaku ketua, Komisioner Hendra Lumanauw, Darul Halim, Robby Manoppo dan Dickson Lahope didampingi sekaligus diawasi tiga pimpinan Bawaslu Minut, Simon Awuy selaku ketua, kemudian
Rahman Ismail dan Rocky Ambar.

(elr/**)