Suport Petani Hortikultura, Jabes Panen Kol Kampung Lenganeng -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Suport Petani Hortikultura, Jabes Panen Kol Kampung Lenganeng

editor: verry_bawoleh
Sabtu, 12 September 2020

Bupati Didampingi Ketua TP PKK Panen Kol (Foto : Komentar.ID)

Tahuna,KOMENTAR.ID

Pengembangan tanaman hortikultura di Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara terus mendapat suport Bupati Jabes Ezar Gaghana.

Bahkan ketika dilakukan panen sayuran Kol di Kampung Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara, Sabtu (12/09/20), Jabes turun langsung melakukan panen didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sangihe, Hermin Ririswati Gaghana-Katamsi dan Penjabat Sekretaris Daerah Harry Wolff.

Disela-sela panen, Jabes meminta petani jangan cepat puas dengan hasil yang didapat, tapi terus bersemangat mengolah lahan pertanian, bahkan mampu mengembangkannya untuk memenuhi kebutuhan pasar serta untuk peningkatan kesejahteraan petani sendiri.

"Apalagi beberapa tanaman jenis hortikultura ini sangat cocok di daerah dingin seperti di Kampung Lenganeng, saya minta petani setempat mampu memanfaatkannya dan terus mengembangkannya, kami sebagai pemerintah melalui instansi teknis akan selalu mensuport para petani,"ungkap Jabes.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan (DP3) Sangihe, Golfried Pella diwawancarai di lokasi panen mengatakan, program pengembangan hortikultura Kampung Lenganeng merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe dengan pihak Bank Sulut Gorontalo (BSG) Cabang Tahuna dalam sasaran membantu petani setempat.

“Jadi kami menyiapkan lahan, pihak BSG yang menyediakan obat maupun pupuk dan bibit yang dibutuhkan petani,"ujar Golfried.

Ditambahkan, bulan lalu juga telah dilakukan panen caesin dan sekitar bulan depan juga akan dilakukan panen tomat, cabe dan tanaman lainnya.

"Lahan yang kami siapkan ada 1,8 hektar, sehingga beberapa jenis tanaman yang dikembangkan kelompok tani diantaranya kol, vitsae, caesin, tomat, cabe dan ubi jalar,"pungkasnya.

Turut ikut panen, Wakil Kepala Cabang BSG Femmy Bogar, Pemsi Umum BSG Dunan Mandiri, Camat Tabukan Utara Hasyim Samalam serta Kepala Bagian Humas Pemkab Sangihe, Frangky Nantingkase.