Singgung Soal Netralitas, William Luntungan Harap ASN dan Aparat Hukum Konsisten -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Singgung Soal Netralitas, William Luntungan Harap ASN dan Aparat Hukum Konsisten

editor: allan_frank
Kamis, 17 September 2020

William Luntungan.

Manado, KOMENTAR.ID

Jelang pelaksanaan Pilkada, tak heran jika belakangan terbentuk kubu dalam mendukung pasangan calon. Buntutnya, hal itu memicu netralitas terganggu dan rentan terjadi kepada ASN dan aparat hukum yang seharusnya menjunjung kenetralan dalam berdemokrasi.

Menyoal permasalahan itu, salah satu aktivis Sulut yang juga pegiat antikorupsi, William Luntungan menegaskan, netralitas dapat saja berubah ketika pesta demokrasi digelar. Masalah ini seolah-olah sudah menjadi kebiasaan bahkan sering disinggung setiap kali dihelat pemilihan umum.

Sebab, kerap terbukti adanya oknum aparat pemerintah maupun aparat hukum yang netralitasnya terganggu akibat politik.

"Tentunya saya berharap netralitas tetap dijunjung agar pesta demokrasi berjalan baik dan profesional," ujar Luntungan kepada KOMENTAR.ID.

Luntungan pun dengan tegas menyatakan, pada pemilihan kepala daerah beberapa tahun lalu tidak sedikit aparat pemerintah yang terbukti mendukung salah satu pasangan calon hingga menjalani proses pemeriksaan atau sidang oleh institusi pengawas pemilu.

"Dengan pengalaman yang lalu, tak bisa dipungkiri kalau ada saja oknum aparat pemerintah atau ASN  yang mengabaikan netralitas. Saya berharap dalam pilkada ini ASN dan Aparat hukum konsisten mengedepankan netralitas, juga berharap institusi pengawas pemilu untuk bekerja ekstra melakukan pengawasan," tandas Luntungan.