Poktan Kampung Gunung dan Pintareng Kecipratan Rp 400 Juta -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Poktan Kampung Gunung dan Pintareng Kecipratan Rp 400 Juta

editor: verry_bawoleh
Senin, 21 September 2020

Jabes Saat Menanam Cabe, Tomat, Caesin di Kampung Gunung (Foto:Komentar.ID)

Tahuna,KOMENTAR.ID

Kementerian Pertanian melalui Badan Ketahanan Pangan Pusat turut mensuport dana untuk Program  Pertanian Keluarga di Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara.

Kepala Dinas Pangan Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Serny Lalu mengatakan, program ini untuk menggerakan kemandirian dan ketahanan pangan di kepulauan yang berbatasan dengan negara tetangga Philipina tersebut.

Dijelaskannya, kelompok tani (Poktan) yang mendapat alokasi dana ada di dua lokasi yakni, Kampung Gunung Kecamatan Tabukan Tengah dan Kampung Pintareng Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara.

Dan kegiatan ini dananya kata Serny cukup besar, yakni setiap kelompok mendapat Rp 200 Juta yang dananya langsung ditransfer kemasing-masing kelompok tani.

“Untuk pencairan tahap pertama oleh masing-masing kelompok sudah dilakukan, dan kemungkinan pencairannya sampai tiga tahap disesuaikan dengan kebutuhan kelompok tani,” ungkapnya.
Serny Lalu

Serny optimis dengan kegiatan ini pertanian keluarga di Kabupaten Kepulauan Sangihe boleh terangkat dan sejalan dengan program daerah, yaitu pemberdayaan pangan lokal.

“Sehingga masyarakat yang ada di Kabupaten Sangihe dapat menikmati pangan yang dihasilkan daerahnya sendiri,”imbuh Serny.

Bupati Jabes Ezar Gaghana disela-sela penanaman bibit cabe, tomat, caisin bersama kelompok tani kampung Gunung, Senin (21/09/20) mengatakan, ini adalah program untuk ketahanan pangan dan program untuk menggerakan keluarga dengan harapan untuk memperkuat ketahanan pangan diwilayah masing-masing terlebih di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

”Harapan kita semakin memperkuat ketahanan pangan diwilayah masing -masing terlebih di Kabupaten Kepulauan Sangihe,”kata Jabes.

Ditempat yang sama, Kapitalaung (Kepala kampung) Kampung Gunung Alberson Humune juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah mengalokasikan dana untuk pengembangan pertanian di Kampung Gunung.

“Atas nama warga Kampung Gunung kami menyampaikan banyak terima kasih kepada pemerintah yang telah mengalokasikan dana untuk pengembangan pertanian di kampung kami,”tutupnya.