PasTaNe Kian Sepi, Pedagang Mencoba Bertahan -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

PasTaNe Kian Sepi, Pedagang Mencoba Bertahan

editor: verry_bawoleh
Kamis, 17 September 2020



Suasana PasTaNe Kamis (17/09/20) (Foto : Komentar.ID)

Tahuna, KOMENTAR.ID

Sejak dibuka Januari tahun 2020, Pasar Tani Nelayan (PasTaNe) yang hanya diberlakukan pada hari Senin dan Kamis, belum memperlihatkan perkembangan yang signifikan.

Bahkan belakangan ini PasTaNe yang berlokasi di eks Pasar Tona Kecamatan Tahuna Timur Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara, malah semakin sepi dan merana, seperti halnya yang terlihat pada hari Kamis (17/09/20)

Beberapa pedagang mengaku mereka cuma  bisa menikmati larisnya jualan hanya ketika ada Bupati yang datang berkunjumg.

"Jualan kami hanya bisa laris ketika ada kunjungan pak Bupati, karena kalau ada pak Bupati  hampir semua pejabat dan staf datang berbelanja,"ungkap salah satu pedagang.

Diakui juga pedagang, selama berjualan di PasTaNe, paling sering dagangan harus dibawa pulang atau yang lain dimasukkan di beberapa swalayan dan minin market di kota Tahuna.

"Kalau jualan kami tidak laku, kami bawa ke mini market, tapi itu pun kalau diterima, tapi ada teman-teman pedagang lain terpaksa bawa pulang dan yang lainnya menjual kembali di pasar tradisionil, seperti penjual dari Kecamatan Manganitu,"ujar pedagang lainnya.

Keluhan lainnya yang terkuak, ternyata jalan masuk ke lokasi PasTaNe sudah tidak memadai dan tidak mendukung, sebab nyaris semua mikrolet tidak mau masuk dengan kondisi jalan yang rusak.

"Kasihan juga para penjual terpaksa harus membawa sendiri jualan mereka dari luar, karena jarang ada mikrolet yang suka masuk lokasi PasTaNe, dengan kondisi jalannya yang rusak,"kata salah satu Aparat Sipil Negara (ASN) yang rutin berbelanja di PasTaNe.

Sementara dari jajaran pejabat sendiri yang terpantau di PasTaNe pada Kamis hari ini, diantaranya Kepala Dinas (Kadis) Perindustrian Perdagangan, Tadjudin Sainkadir, Kadis Pendidikan Djoli Mandak, Kepala Bagian (Kabag) Perencanan dan Keuangan Sekretariat Daerah, Viktor Nusalawo, Kabag Sumber Daya Alam, Pieter Lalu, Kabag Ekonomi Englelin Sasiang, Kabag Ortal, Elen Ali,  Kabag Kerja Sama, Viva Masoa.