Mubes Dibuka, Gubernur Sulut Yakin LMI Mampu Mengemban Amanah Leluhur Adat -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Mubes Dibuka, Gubernur Sulut Yakin LMI Mampu Mengemban Amanah Leluhur Adat

editor: hut_kamrin
Jumat, 18 September 2020

Asisten I Pemprov Sulut, Edison Humiang mewakili Gubernur Sulut, membuka secara resmi Mubes Pertama LMI lewat pemukulan gong di Ballroom Novotel Grand, Manado.


Manado, KOMENTAR.ID -- 
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE melalui Asisten I Pemprov Sulut, Edison Humiang didampingi Ketua Umum DPP LMI Tonaas Wangko Pendeta Hanny Pantouw STh, Tonaas Nusantara Farry Malonda, Sekjen LMI Stefanus Sumolang STh, dan Ketua Panitia Trius Abas, membuka secara resmi Musyawarah Besar (Mubes) Laskar Manguni Indonesia (LMI) pertama yang digelar di Ballroom Novotel Grand Kawanua, Jumat (18/09/2020).

Dalam sambutannya yang dibacakan Humiang, Gubernur Olly berterima kasih karena selama ini LMI tetap berkomitmen dan bersinergi membangun bangsa dan negara serta daerah Provinsi Sulawesi Utara dan mempertahankan NKRI.

“Kehadiran LMI mampu menjadi pengemban amanah leluhur adat dan tetap berkomitmen membangun bangsa dan negara,” ujarnya.

Lanjut Gubernur, Mubes ini dapat memperkuat LMI dalam memberi diri ke arah perubahan yang lebih baik.

“Semoga dengan Mubes ini kerja LMI semakin hebat, semakin maju ke depan. Memperkuat persatuan dan semakin bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulit dan Kabupaten/Kota, maupun Pemerintah Indonesia,” katanya. 

Ditambahkan Gubernur, dari berbagai program yang dilaksanakan Provinsi Sulut, banyak kontribusi yang juga telah disumbangkan oleh LMI di seluruh pelosok Indonesia.

“Bagaimanapun juga kehadiran LMI senantiasa diharapkan mampu menjadi salah satu kekuatan nasional,” paparnya.

Gubernur meyakini LMI tetap solid, baik solid sebagai lembaga maupun solid bermitra dengan pemerintah untuk pembangunan dan kemajuan bangsa dan daerah.

“Selamat bermusyawarah. Semoga Mubes Pertama berjalan dengan baik, sukses dan lancar. Harapan saya melalui Mubes pertama ini ada ide-ide dan program-program yang baik untuk pembangunan Sulut dan Indonesia,” tandas Gubernur Olly.

Ketua Umum DPP LMI Tonaas Wangko Pdt Hanny Pantouw STh.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP LMI Tonaas Wangko Pdt Hanny Pantouw mengajak seluruh kader dan simpatisan LMI baik dari Sulut maupun di luar Sulut dan luar negeri untuk bersama-sama menyukseskan Mubes pertama ini.

“Kalau ada baku-baku salah kita sudah harus langsung baku maaf. Mubes ini adalah sebuah tempat untuk membangun silaturahmi dan komunikasi serta membesarkan lembaga adat ini, juga menjaganya,” harap Pdt Hanny.

Ketua Panitia Trius Abas.

Sementara itu, Ketua Panitia Trius Abas dalam laporannya menyatakan pihaknya telah mempersiapkan Mubes pertama LMI ini sebaik mungkin.

“Kami telah bekerja semaksimal mungkin demi menyukseskan kegiatan ini,” tukas Wakil Ketua DPP LMI ini.

Tonaas Infokom DPP LMI Pdt Refly Mawikere. 

Acara pembukaan didahului dengan upacara Ormas yang didalamnya ada pembacaan ikrar LMI dan doa oleh Pdt Refly Mawikere STh yang juga adalah Tonaas Infokom DPP LMI.

Tonaas Wangko Pdt Hanny Pantouw menyerahkan buku panduan lengkap pelaksanaan Mubes pertama LMI kepada Asisten 1 Pemprov Sulut Edison Humiang.

Menariknya, pada kesempatan itu, Pdt Hanny menyerahkan buku panduan lengkap pelaksanaan Mubes pertama LMI kepada Humiang.

Turut hadir Anggota DPRD Sulut Melky Jakhin Pangemanan serta jajaran pengurus LMI baik DPP, DPW sejumlah Provinsi se-Indonesia, DPD Kabupaten/Kota se-Sulut dan se-Indonesia, Organisasi Sayap (Orsap), Badan dan Lembaga. (*)