Gabung CEP-SSL dan VAP-HR Plus Lain-lain, Masih Butuh 36% untuk Samai Olly-Steven -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Gabung CEP-SSL dan VAP-HR Plus Lain-lain, Masih Butuh 36% untuk Samai Olly-Steven

editor: hut_kamrin
Minggu, 13 September 2020

Hasil Survei LSI KCI Network, anak perusahaan LSI Denny JA untuk Pilgub Sulut yang dibeber di Aston Hotel Manado, Minggu (13/9). Foto: Istimewa

Manado, KOMENTAR.ID -- 
Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) KCI Network, pada pekan kedua Agustus 2020 memperlihatkan selisih petahana Olly Dondokambey - Steven Kandouw (Olly-Steven) dengan pasangan lain terlalu senjang. Survei elektabilitas itu menempatkan Olly-Steven di posisi teratas dengan capaian 68,1%. 

Menyusul pasangan Golkar-PAN Christiany Eugenia Tetty Paruntu - Salim Sehan Lanjar (CEP-SSL) 16,9%. Pasangan Nasdem Vonnie Aneke Panambunan - Henry Runtuwene (VAP-HR) 7,2%. Sementara pemilih yang belum menentukan pilihan 7,8 %. 

Pemaparan LSI KCI Network yang digelar di Aston Hotel, Manado, Minggu (13/9), memperlihatkan kesenjangan 51,2 persen antara Olly-Steven dan CEP-SSL. 

Jika menggabungkan persentasi survei CEP-SSL 16,9% dan VAP-HR 7,2% maka hanya dapat terkumpul 24,1%. Masih ada jarak 44%. 

Menambahkan persentasi pemilih yang belum menentukan pilihan 7,8%  ke CEP-SSL dan VAP-HR (24,1%) pun hanya terkumpul 31,9%. Masih butuh 36,2% persen untuk dapat menyamai perolehan Olly-Steven. 

Diberitakan sebelumnya, Mayoritas warga Sulawesi Utara telah menentukan sikap di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut 2020. Sikap mayoritas pemilih Sulut terekam dari hasil survei yang digelar Lingkaran Survei Indonesia (LSI) KCI Network, pada minggu kedua, Agustus 2020.

Ini dibuktikan dengan hasil survey yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) KCI Network, Minggu (13/9/2020), yang menempatkan elektabilitas ODSK di angka 68,1 persen.

Pasangan yang digadang bisa menjadi lawan berat ODSK yakni Christiany E Paruntu (CEP)- Sehan S Landjar (SSL) hanya 16,9 persen. Dalam survei ini pasangan Vonnie A Panambunan-Henry Runtuwene paling rendah elektabilitas yakni 7,2 persen. Sisanya 7,8 persen belum menjawab dan belum memiliki plihan.

“Di beberapa daerah, kalau setiap 10 responden maka yang pilih ODSK itu 7-8 responden.  Dapil Bolmong Raya dan Minsel Mitra, ODSK masih di atas pasangan lain,” ungkap Direktur LSI KCI Adji Alfarabie.

Dalam tiga bulan sebelum Pilgub Sulut, elektabilitas ODSK jauh di atas pasangan lain. “Bedanya di atas 40 persen,” kata Peneliti LSI KCI Ikrama Masloman. (*)