FGD Sangihe Bangkit, Sinergi Menuju Pemulihan Ekonomi Pasca Covid -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

FGD Sangihe Bangkit, Sinergi Menuju Pemulihan Ekonomi Pasca Covid

editor: verry_bawoleh
Sabtu, 19 September 2020


FGD Sangihe Bangkit (Foto:Komentar.ID)


Tahuna, KOMENTAR.ID

Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe Provinsi Sulawesi Utara menggelar Focus Group Disscusion (FGD), Sangihe Bangkit Membangun Sinergi Menuju Pemulihan Ekonomi Kabupaten Kepulauan Sangihe Pasca Pendemi Covid-19.

Kegiatan digelar Sabtu (19/09/20) di Panggung Kesenian Kolam Pesona Kolongan Beha Kecamatan Tahuna Barat, turut dihadiri Bupati Jabes Ezar Gaghana sekaligus memaparkan materi.

Jabes menegaskan, untuk menghindari daerah penyumbang minus ekonomi serta minus pertumbuhan terhadap kondisi pandemi Covid-19, semua harus bekerja, berekreasi serta berinspirasi membangkitkan semangat di tengah- tengah pandemi Covid-19.

Jabes juga mempertegas, yang perlu dipahami selaras dengan arah kebijakan nasional, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Kepulauan Sangihe,  difokuskan pada tiga hal, yakni, penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi serta penyediaan jaring pengaman sosial.

“Dalam pemulihan pasca Covid-19, saya juga berharap pihak perbankan akan mempertegas program nasional Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) disetiap desa. Dan diharapkan agar pimpinan perangkat daerah yang bersentuhan disektor ini dapat besinergi dengan teman-teman perbankan yang akan menyalurkan uang ke UMKM petani dan nelayan maupun sektor usaha industri kecil,”ujar Jabes.

Dikesempatan itu Jabes juga mendorong penguatan kapasitas pelaku UMKM terhadap ekonomi digital yang telah dilakukan dan sudah berjalan cukup baik meski baru diseputaran kota Tahuna, termasuk mendorong munculnya pelaku usaha baru lewat atensifikasi program pelatihan pada Balai Latihan Kerja Komunitas serta penguatan pangan lokal menuju Sangihe tangguh pangan.

“Ini sudah kita rasakan ketika pandemi covid-19, suplay tersedia, stabilitas harga terjaga, stok daya beli ada pada masyarakat karena siklus aktivitas semua berjalan dengan baik. Dan hal inilah yang akan kita tingkatkan dalam konteks membangun daerah dengan berbagai terobosan yang akan dilakukan,” tegas Jabes.

FGD diikuti Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Perbankan, Badan Pusat Statistik, Perwakilan KADIN Sangihe dengan tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19.