Wabup MAP Evaluasi Kinerja Kepsek SMP Se-Kabupaten Talaud -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Wabup MAP Evaluasi Kinerja Kepsek SMP Se-Kabupaten Talaud

editor: rolly_sondakh
Senin, 03 Agustus 2020

Wakil Bupati Muktar Arunde Parapaga atau MAP memberikan arahan kepada Kespek se-Kabupaten Talaud. (Foto/Istimewa)


Melonguane, KOMENTAR.ID


Kinerja kepala sekolah (Kepsek) SMP se-Kabupaten Talaud mendapat perhatian khusus duet Bupati Elly Engelbert Lasut (E2L) dan Wakil Bupati Muktar Arunde Parapaga (MAP). Betapa tidak, kinerja Kepsek se-Kabupaten Talaud, khususnya dalam pengelolaan administrasi sekolah dianggap paling rendah dari 15 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut).


Soal peningkatan kinerja inilah yang ditekankan Wakil Bupati MAP saat menghadiri rapat evaluasi  bersama Asisten 1 Daud Malensang, Kaban BPM Max Binilang dan Kadispora A.A M. Taarega, Senin (3/8/2020). Rapat evaluasi tersebut digelar di Kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dispora) Talaud.


“Kinerja Kepsek se-Talaud memprihatinkan.  Dari 15 kabupaten dan kota di Sulut, Talaud terendah dalam pengelolaan administrasi,” ujar MAP.

Kepsek se-Kabupaten Talaud yang hadir saat rapat evaluasi.


 


Guna meningkatkan kinerja para kepsek tersebut, MAP meminta Dikpora Talaud menggelar rapat evaluasi setiap dua bulan. “Kinerja guru dan kepsek di Talaud harus ditingkatkan demi masa depan anak-anak kita.  Peningkatan mutu pendidikan ini salah satu yang menjadi perhatian Pak Bupati E2L dan saya,” katanya.


Karena itulah kepala sekolah yang tak bisa mengikuti irama dan tak berupaya meningkatkan kinerjanya menurut MAP terancam diganti. “Akan ada rolling pada bulan berjalan ini,” ucapnya.


Orang kedua di Talaud ini juga mengingatkan kepsek dan semua guru untuk jeli mengatur jadwal dan belajar di setiap sekolah. Proses belajar-mengajar ini dilaksanakan di luar sekolah karena masa pandemi. “Sampai saat ini belum ada SK Bupati untuk belajar di dalam kelas,” ungkapnya.


MAP juga berpesan agar proses belajar-mengajar senantiasa  mengikuti protokal kesehatan.  “Kesehatan siswa, termasuk tenaga pengajar harus diutamakan,” katanya.


Di akhir sambutannya, Wabup meminta seluruh kepsek yang hadir agar dapat melanjutkan studi S1 dan S2, “Biaya akan ditanggung oleh Pemkab Talaud,” ujarnya.


Sementara Kadispora AAM Taarega berjanji untuk meningkatkan kinerja bersama dengan semua kepsek SMP se-Talaud.  “Kami akan berbenah, memperbarui kesalahan yang ada. Kami siap menunjang visi dan misi Bupati E2L dan Wabup MAP di bidang pendidikan dan akan terus berkoordinasi dengan pimpinan,” kata Taarega. 


***