HUT Proklamasi Desa Kokoleh I Semarak, Kumtua: Sudah Jo Mo Baku-baku Salah -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

HUT Proklamasi Desa Kokoleh I Semarak, Kumtua: Sudah Jo Mo Baku-baku Salah

editor: komentar.id
Senin, 17 Agustus 2020

Lomba lari karung menyemarakan HUT Proklamasi Desa Kokoleh I, Minahasa Utara, Senin (17/08/2020). (elrangga-komentar.id)

Minut, KOMENTAR.ID

Pemerintah dan Masyarakat Desa Kokoleh I Kecamatan Likupang Selatan Kabupaten Minahasa Utara merayakan HUT Kemerdekaan RI, Senin 17 Agustus, dengan meriah.

Perayaan HUT dibuka dengan ibadah singkat, dilanjutkan pemotongan kue ulang tahun yang dipotong oleh Hukum Tua Adiodota DV Kodoati AMd didampingi Ketua BPD Kokoleh I Fransiskus Maramis dan isteri serta beberapa tamu.

Meski merayakan HUT kali ini diwarnai beragam lomba dan kegiatan, namun protap kesehatan tetap tidak dilupakan dengan menggunakan masker, cuci tangan serta jaga jarak.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 tahun. Sebelum acara dimulai, para perangkat desa membagikan masker kepada masyarakat yang hadir,” ujar Kodoati. 

"Sebagai Plt Hukum Tua Desa Kokole I, saya merasa begitu terpanggil untuk mempersatukan kembali keutuhan kekeluargaan di sini yang nampaknya sudah ada kubu-kubu selepas Pilhut 2016 silam,” jelasnya.

Menurut Adiodata, keterpanggilan menggelar aneka lomba di desanya untuk menggalang improvisasi dan semangat masyarakat Desa Kokoleh I, agar tahun-tahun ke depan, dapat melakukan hal yang sama.

“Dengan demikian kita tetap menjaga tradisi setahun sekali di desa kita. Dengan begitu juga torang so rame torang pe desa, sembari mengenang jasa-jasa para pahlawan pada 17 Agustus" urai Kodoatie.

Dirinya berharap kerukunan dan kebersamaan masyarakat semakin baik, untuk kemajuan Desa Kokoleh I dengan adanya perayaan HUT RI ini. 

“Nyanda usah torang mo baku-baku salah, jangan baku-baku marah, marijo rukun-rukun, baku sayang lantaran torang samua basudara. Dan saya juga sangat berharap, pada Pemilukada 9 Desember 2020 nanti, mari gunakan hak pilih, tanpa kenal golput," tutup putri sulung Drs Herman Kodoati dan Christina Joice  Lontaan itu.

Adapun aneka lomba yang digelar di Desa Kokoleh I masing-masing lomba lari karung antar jaga, lari kelereng antar jaga, zumba, poco-poco antar jaga dan tik-tok antar jaga.

(alif_elrangga)