Aksi Bersih Pantai, Langkah Konkret BMI Manado Jaga Ekosistem Laut -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Aksi Bersih Pantai, Langkah Konkret BMI Manado Jaga Ekosistem Laut

editor: tino_mk
Kamis, 20 Agustus 2020


Manado, KOMENTAR.ID


Sejumlah anak muda yang tergabung dalam organisasi sayap partai PDI Perjuangan, DPC Banteng Muda Indonesia (BMI) Kota Manado, melaksanakan aksi bersih-bersih sampah di kawasan pantai Lorong Orang Sanger (Los) di Kelurahan Malalayang Satu Timur, Kamis (20/08/2020). 


Tak tanggung-tanggung, sebanyak 631 kilogram sampah campuran dan 116 sampah daur ulang berhasil dibersihakn dikumpulkan dari pesisir pantai.


Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan pantai dan laut, yang juga dirangkaikan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 Tahun, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak dan membatasi jumlah peserta kegiatan untuk menghindari kerumunan. 


Bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Utara, para muda-mudi BMI Manado serta warga yang turut ikut serta pun mendapat edukasi singkat tentang pengelolaan sampah yang disampaikan langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut, Ir Marly Gumalag.


Dirinya mengatakan, setiap orang di dunia menghasilkan 0,7 kilogram sampah per harinya. Bayangkan dengan jumlah penduduk di Kota Manado yang hampir 500 ribu jiwa, yang bisa menghasilkan 350 ton sampah per hari.


“Itu bukan angka yang kecil. Maka dari itu, kebiasaan untuk melakukan bersih-bersih itu adalah hal yang penting. Apalagi di alam seperti ini, yang nantinya akan dinikmati anak-cucu kita nanti. Tentu perlu kita jaga kebersihannya,” ungkap Gumalag.


Terlepas dari itu, Gumalag juga mengapresiasi kegiatan positif yang dlaksanakan DPC BMI Manado. Di mana, dirinya juga menegaskan untuk segala kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup pasti disupport dan dibantu dengan materi pembelajaran tentang lingkungan hidup.


“Kita sangat mensupport, siapa saja, organisasi apa saja silahkan, pemerintah pasti hadir. Apa lagi ini sebagai anak-anak muda, saya mengapresiasi. Semoga ini berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat sekitar juga,” lanjutnya.


Terpisah, Ir Jean Sumilat yang merupakan Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Malalayang, turut mendampingi dan mengambil bagian dalam kegiatan tersebut. 


Dirinya juga berpesan kepada DPC BMI Manado agar peduli terhadap lingkungan sekitar yang dimulai dari hal kecil seperti bersih-bersih sampah yang telah dilakukan.


“Gerakan ini juga untuk mengundang program pemerintah, dalam hal ini menjaga lingkungan sekitar pesisir pantai demi kenyamanan masyarakat sekitar juga,” pesan Sumilat yang juga sebagai Anggota DPRD Kota Manado dari Fraksi PDI Perjuangan.


Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Natanael Pepah SE didampingi Sekretaris Renaldo Bawimbang, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah ambil bagian pada kegiatan tersebut, terlebih Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut.


Turut hadir dalam kegiatan, Ketua DPC BMI Manado, Marchellino Ratu, para pengurus dan sejumlah anggota serta masyarakat sekitar pesisir pantai Los.


***