Rutan Manado-Dinas Pertanian Panen Jagung Sekaligus Lepas Bibit Mujair -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Rutan Manado-Dinas Pertanian Panen Jagung Sekaligus Lepas Bibit Mujair

editor: hut_kamrin
Senin, 20 Juli 2020

Rutan Manado dan Dinas Pertanian Manado memanen jagung, Senin (20/7/2020). Foto: Istimewa

Manado, KOMENTAR.ID --
Kolaborasi Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado dan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Manado mulai berbuah hasil. Kerjasam dua institusi ini melalui program Marijo Bakobong yang digencarkan Walikota Manado GS Vicky Lumentut. Memanfaatkan lahan tidur dalam dan luar Rutan, lembaga pembinaan narapidana itu sempat memanen kacang panjang, terong, cabai dan ketimun.

Kini Rutan-Pemkot kembali memanen jagung. Panen perdana  ratusan jagung manis tersebut dilakukan oleh Kepala Rutan Kelas IIA Manado, Yusep Antonius bersama pejabat terasnya serta utusan dari Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Manado, Senin (20/07). Ini sekaligus membuktikan keberhasilan  Rutan dalam memaksimalkan  semua lahan tidur yang ada.

‘’Sekali lagi,  kami memberikan apresiasi  yang besar kepada pihak Rutan yang  begitu peduli dalam menunjang program Marijo Bakobong yang  digalakkan Pemkot Manado,’’  ujar Kadis Perikanan, Kelautan dan Perikanan  Kota Manado, M Sofyan.

Selain jagung,  Rutan Manado yang memberdayakan potensi  Warga Binaan Pemasyarakatan  (WBP) dalam program pemanfataan lahan tidak produktif menjadi potensial. Rutan melakukan pelepasan 500 bibit ikan mujair di kolam yang bersebelahan dengan lahan perkebunan jagung. Pelepasan tersebut dilakukan langsung oleh Ka Rutan Yusep Antonius, Kasubs Bimbingan Kegiatan, Joutje Sinaulan, Kasubsi Pelayanan Tahanan Wahyono serta Koordinator Jabatan Fungsional Penyuluh Dinas Pertanian Manado, Ir Jules Tumbel. ‘’Kami tidak akan berhenti sampe di sini, karena  semua lahan tidur yang ada di Rutan akan kami maksilkan kegunaannya,’’ ujar Yusep Antonius.
Pelepasan 500 ekor bibir ikan mujair di Rutan Manado. Foto: Istimewa

Ka Rutan juga menyampaikan  terima kasih kepada Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan   yang terus memberikan pendampingan   sehingga semua proses tanam menanam di Rutan berjalan dengan baik selama ini.

Setelah panen jagung, Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Manado juga akan memberikan bantuan bibit kacang tanah dan kacang panjang  untuk ditanam  menggantikan jagung bila selesai dipanem. ‘’Bibitnya sudah ada,’’  jelas Christ Kowureng, S.Pt Kepala Balai Penyuluhan  Pertanian yang hadir bersama Noldy Tambayong, SST dan Arie Waworuntu, SP.  (*)