Rani Kritisi Belanja ATK DPRD Manado -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Rani Kritisi Belanja ATK DPRD Manado

editor: rolly_sondakh
Minggu, 12 Juli 2020

Anggota Banggar DPRD Manado Jurani Rurubua. (Foto rollysondakh)


Manado, KOMENTAR.ID


Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Manado Jurani Rurubua mempertanyakan belanja Alat Tulis Kantor (ATK) di DPRD Manado yang tembus 26 juta setiap bulan. Itu dipertanyakan Jurani saat kegiatan pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2019 Jumat pekan lalu.

"Saya ingin mendapatkan informasi dari pihak Setwan soal pengadaan alat tulis senilai 26 juta rupiah. Ini apa-apa saja, kayaknya tidak seimbang dengan fasilitas lainnya di kantor yang nampak tidak terurus seperti toilet dan juga sound system," ujar Jurani.

Ia berharap dengan kondisi yang ada Sekretariat DPRD bisa lebih membijaksanai penggunaan anggaran. "Kedepan harus lebih tepat gunakan anggaran. Karena keseimbangan sangat terlihat di depan mata, contohnya cari tempat parkir saja susah," tegas Jurani.

Sementara itu, Kabag Keuangan DPRD Manado Constantine Doaly menjelaskan  bahwa anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan yang ada. Khususnya laporan keuangan ke BPK yang butuh penggandaan buku.

"Paling besar adalah kertas yang terdiri dari proses permintaan pencairan dan laporan ke BPK bukunya perlu digandakan. Tambah lagi proses pencairan dana yang butuh SPM, SPP, Pajak lampirannya banyak sekali untuk pertanggungjawaban," tutur Kabag Tein.

Ia menambahkan, belanja ATK sesuai penjelasan di atas hanya melingkupi satu bidang. "Itu hanya untuk keuangan, di DPRD ada 4 bidang yang membantu proses administrasi dan sosialisasi," tandas Tein.

***