Jokowi Bubarkan Gugus Tugas Covid-19 -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Jokowi Bubarkan Gugus Tugas Covid-19

editor: komentar.id
Selasa, 21 Juli 2020

Jubir Gugus Tugas, dr Reisa Broto Asmoro. (Istimewa/detik.com)

Jakarta- Presiden Joko Widodo resmi membubarkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah, melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 tahun 2020 tentang Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pada Pasal 20 Perpres tersebut menyebutkan bahwa "Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Penanganan Corona Virus Desease 2019 (COVID-19), dicabut dan dinyatakan tak berlaku."

Pembubaran Gugus Tugas Covid-19 resmi berlaku sejak Presiden Jokowi menanda tangani Perpres tersebut, atau per 20 juli 2020.

Fungsi dari Gugus Tugas Covid-19 kini diemban oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan masih dipimpin oleh Doni Monardo. 

Bedanya, Satgas ini berada di bawah kendali Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Erick Thohir. 

Mereka juga perlu melaporkan laporan rutin harian kepada Jokowi dan Ketua Komite Kebijakan yakni Airlangga Hartanto.

"Ketua Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan laporan kejadian mendesak kepada Presiden dan Ketua Komite Kebijakan sewaktu-waktu diperlukan," tulis Pasal 15 Perpres 82.

Selain membawahi penanganan covid-19 Erick Thohir juga membawahi Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional yang diketuai oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral menjelaskan mengenai pembubaran Gugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan kini muncul Satuan Tugas Penanganan COVID-19 yang tertuang dalam Perpres tentang Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Selama ini kan memang Gugas mengurusi baik COVID-19-nya dan juga mitigasi dampak ekonomi akibat COVID-19. Itu kan 2 pekerjaan," kata Donny saat dihubungi, Senin (20/7/2020).

Satgas ini tetap dipimpin Letjen Doni Monardo, Kepala BNPB. Menurut Donny, Satgas Penanganan Corona kini berfokus hanya di sektor kesehatan saja.

(kid/dtc/*)