Canangkan PBB, Bupati Sangihe Tandatangani MoU Bersama BSG -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Canangkan PBB, Bupati Sangihe Tandatangani MoU Bersama BSG

editor: komentar.id
Senin, 13 Juli 2020

Bupati Jabes Gaghana saat menyampaikan sambutan dalam agenda Mou bersama BSG, Senin (13/07/2020). (Istimewa/Komentar.ID)

Sangihe, KOMENTAR.ID

Pemerintah Kabupaten Sangihe terus memacu sektor penerimaan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pedesaan dan Perkotaan serta pajak daerah lainnya.

Salah satunya dengan terobosan menjalin kerja sama dengan Bank Sulut Gorontalo (BSG) dalam rangka memberi kemudahan para wajib pajak untuk memenuhi kewajibannya.

Kerja sama ini telah terjalin dengan ditandatanganinya Memorandum of Understanding atau MoU sekaligus Pencanangan PBB oleh Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana, di Papanuhung Tampunganglawo, Senin (13/07/2020).

Kegiatan didahului laporan oleh Kepala Badan Keuangan, Femmy Montang, yang sekaligus melaporkan pelaksanaan tiga agenda yaitu, pencanangan PBB Pedesaan dan Perkotaaan 2020, MoU antara BSG dengan Pemkab Sangihe serta penyerahan santunan duka periode Januari-Juli 2020.

Jabes dalam sambutannya mengatakan, tiga agenda yang dilakukan sekaligus adalah bagian dari pelayanan publik yang dilaksanakan secara berbarengan terkait dengan tugas, tanggungjawab dan kewajiban, baik kewajiban pemerintah terhadap masyarakah maupun kewajiban masyarakat kepada pemerintah.

"Terkait dengan pembayaran PBB untuk  pedesaan dan perkotaan ini, menjadi tanggung jawab kita semua. Karena PBB yang dibayar akan dikembalikan melalui pembangunan yang ada di Kabupaten Sangihe,” kata Jabes.

Kerja sama yang dilakukan dengan BSG, kata Jabes, tak lepas hubungan baik yang juga selama ini telah memfasilitasi seluruh transaksi keuangan daerah maupun dana masyarakat yang dikelola bersama dengan manajemen dan teknologi.

"Kita pun sebagai pemerintah dituntut untuk tidak lagi melakukan transaksi cash atau tunai, melainkan non tunai," jelasnya.

Sementara itu Pimpinan  BSG Cabang Tahuna Albert Tambariki menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Sangihe yang telah memberikan ruang mengenai penerimaan PBB Pedesaan dan Perkotaan.

"Apalagi pembayaran PBB ini bisa pakai hp biasa dan hp android dan dimana saja asalkan ada jaringan. Terobosan yang dibuat ini juga dengan menggunakan mobile banking melalui sms banking manual dan sms banking secara online," ujar Albert.

(gal/*)