Bupati Boltim Sehan Landjar Dianugerahi Gelar Tule Molantud oleh Dewan Adat BMR -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Bupati Boltim Sehan Landjar Dianugerahi Gelar Tule Molantud oleh Dewan Adat BMR

editor: dax_dacko
Senin, 20 Juli 2020

Acara penganugerahan gelar adat untuk Bupati Boltim Sehan Landjar. (daudtimpal-komentar.id)

BOLTIM- Ketokohan Bupati Kabupaten  Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH  ikut memantik sanubari para Tetua Adat di Bumi Bolaang Mongondow Raya (BMR).

Atas Dedikasi dan Prestasinya selama ini, Sehan Salim Landjar SH, oleh lembaga Adat Bolango, Kaidipang, Bintauna dan Mongondow yang berada di BMR menobatkan Sehan Salim Landjar SH sebagai "Tule Molantud".

Penghargaan Adat Bolaang Mongondow Raya yang mengartikan sebagai Bintang yang Tinggi ini, diserahkan melalui upacara adat yang dihelat Senin (20/07/2020).


Menariknya, Gelaran Adat yang di Prakarsai oleh empat etnis atau swapraja di BMR ini di Prakarsai Dewan Adat di antaranya, Dewan Adat Kaidipang oleh Ir Saud Kumangki, Dewan Adat Bolango Saleh N Gobel, Desan Adat Bintauna H Ikbal Datunsolang dan Dewan Adat Mongondow OA Paluda.

Keempat Dewan Adat sepakat menobatkan Tule Molantud dikarenakan Sehan Salim Landjar SH yang menurut adat dinilai sebagai pemimpin yang Mokodotol, Mokorakup, Mokolintad dan Mokoanga. Yang mengartikan Bupati Sehan Salim Landjar SH adalah sebagai seorang Ksatria.


Artinya jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah pemimpin yang mampu mengatasi berbagai rintangan dan hambatan serta dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, mampu merangkul melindungi dan mengayomi seluruh lapisan masyarakat serta dapat menangani dan mengatasi berbagai permasalahan yang di alami oleh masyarakat, kemudian mampu memajukan dan membangun daerah di berbagai bidang serta dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan bisa membuat masyarakat merasa betah dan senang.

Bupati Sehan Landjar sendiri dalam sambutan menyampaikan ucapan syukur atas penganugerahan gelar adat tersebut.


“Saya ucapkan terima kasih kepada lembaga adat dari empat etnis yang ada di Bolaang Mongondow Raya, yakni Etnis Mongondow, Etnis Bintauna, Etnis Kaidipang Besar dan Etnis Bolango. Pemberian Penghormatan Tule Molantud bagi saya adalah suatu Kehormatan dan Penghargaan yang luar biasa dan tentunya saya ucapkan terima kasih,” ujar Sehan Landjar dalam sambutan.

“Insya Allah, anugerah gelar adat ini dapat lebih mendorong dan memotivasi tekad, semangat dan dharma bakti saya dalam memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara tercinta,” sebut Sehan.


Bupati  pun menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat dan seluruh lembaga adat atas anugerah adat yang diberikan kepadanya.

“Semoga Tuhan yang Maha Esa, Allah SWT, senantiasa memberikan rahmat dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kepada daerah yang sama-sama kita cintai ini,“ tukasnya.

(dax/advertorial)