Bawaslu Se-Sulut Awasi Ketat Proses Coklit di Kelurahan/Desa -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Bawaslu Se-Sulut Awasi Ketat Proses Coklit di Kelurahan/Desa

editor: hut_kamrin
Selasa, 21 Juli 2020

Kepala Divisi Sengketa Bawaslu Sulut Awaludin Umbola. Foto: Istimewa

Manado, KOMENTAR.ID -- 
Pandemi Covid-19 tak melunturkan kinerja penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provisi Sulawesi Utara (Sulut) bersama seluruh jajaran dan Panitia Pengawas (Panwas) Kelurahan/Desa, hingga saat ini terus mengawasi proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) sampai pada PPDP. Itu sudah berlangsung sejak 15 Juli 2020.

Kepala Divisi Sengeketa Bawaslu Sulut, Awaludin Umbola mengatakan proses coklit pada umumnya berjalan lancar. "Namun ada catatan-catatan penting yang harus jadi perhatian bersama antara KPU dan Bawaslu nantinya," ujar Umbola, Selasa (21/7/2020). 

Umbola menambahkan, perhatian bersama ialah mulai dari pemahaman prosedur coklit dari petugas PPDP sampai pengawas kelurahan/desa, penutupan data hasil coklit yang termuat dalam formulir A.KWK di KPU.

 "Tentu ini menjadi fokus perhatian kami untuk diawasi secara ketat, agar hasilnya yang berupa DPS akan betul-betul menggambarkan jumlah pemilih yang sebenarnya di lapangan," tandas Umbola. (Sandy)