Viral Status Kader Demokrat Manado Tentang “Mor Bastiaan dan Kesetiaan” -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Viral Status Kader Demokrat Manado Tentang “Mor Bastiaan dan Kesetiaan”

editor: komentar.id
Sabtu, 20 Juni 2020

Mor Dominus Bastiaan, Wakil Walikota Manado sekaligus Calon Walikota Manado dari Partai Demokrat. (Istimewa/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Kader Demokrat di Kota Manado ramai-ramai membuat status di media sosial Facebook, tentang sosok Mor Dominus Bastiaan (MDB). Status yang diangkat mengenai kesetiaan sang MDB pada Partai Demokrat.

Sejumlah kader dihubungi tidak membantah apakah status media sosial yang diposting terkait beredarnya desas desus Harley Mangindaan yang merupakan kader Demokrat dan Putra Ketua DPD Demokrat Sulut, pindah haluan mencalonkan diri sebagai wakil walikota dari Nasdem berpasangan dengan Julyeta P Runtuwene (JPAR).

Di mana pada 2015 silam juga Harley Mangindaan mencalonkan diri dari partai lain, padahal sudah ditawarkan maju berpasangan dengan GS Vicky Lumentut yang saat itu adalah Ketua DPD Demokrat Sulut.

Sejumlah kader merasa tersakiti mengingat besarnya jasa Partai Demokrat dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terhadap Keluarga Mangindaan.

Di mana EE Mangindaan ayah dari Harley Mangindaan berulang kali karirnya dibantu SBY dengan menunjuk sebagai pimpinan MPR dan Menteri di pemerintahan SBY, sehingga secara langsung telah melapangkan dan membesarkan nama Keluarga Mangindaan.

Di tingkat pusat, sejumlah kader Demokrat juga menyesalkan penghianatan ini, mengingat Harley Mangindaan adalah putra dari Ketua DPD Demokrat dan berpasangan dengan istri dari GS Vicky Lumentut yang juga meninggalkan Demokrat untuk gabung dengan Nasdem, padahal terpilih jadi walikota dua kali berkat dukungan dan perjuangan sejumlah kader Demokrat.

Begitu pun dengan Harley Mangindaan yang pernah terpilih menjadi wakil walikota berkat dukungan dan perjuangan Partai Demokrat.

Mor Dominus Bastiaan. (File Komentar.ID)

Terkait hal ini, sejumlah kader merasa kecewa karena merasa tidak adanya kesetiaan. Para pengurus DPC sebaliknya mengapresiasi sosok Mor Dominus Bastiaan (MDB) yang bergabung dengan Demokrat sejak 2005 dan tidak pernah sekalipun pindah partai walaupun pada 2014 tidak dicalegkkan lagi malah saat itu memilih pensiun dan bahkan terinformasi berkali-kali ditawarkan partai penguasa untuk bergabung tapi tidak pernah berubah dan tetap komit dengan Demokrat.

“Mor Bastiaan itu contoh dan teladan tentang manusia yang punya kesetiaan dan komitmen. Dari Demokrat berkuasa sampai Demokrat terpuruk, dia tidak pernah meninggalkan Partai Demokrat dan selalu setia dengan Demokrat,” ujar Linda somba, kader Partai Demokrat Manado. 

Ketua PAC Bunaken Srikandi Kobis juga mengapresiasi sepak terjang Mor Bastian di Demokrat.

“Dari Pak Mor kami bisa belajar tentang arti komitmen, seseorang yang memegang teguh kesetiaannya. Bagaimana mereka bisa berjanji setia dan berjuang bagi rakyat kalau ke partainya sendiri tidak ada kesetiaan dan sering loncat loncat partai? Kita harus memilih pemimpin yang tidak hanya bisa bicara tapi bisa jadi teladan terhadap kesetiaan dan komitmen akan janji janjinya pada rakyat,” selorohnya.

Karenanya, selaku Ketua PAC Bunaken, Kobis menyerukan kepada kader untuk merapatkan barisan dari upaya penyaliman dan penghianatan.

“Tapi percayalah kita yang tulus dan setia pada komitmen rakyat akan melihat dan mendukung Demokrat serta Calon Walikota Manado Bapak Mor Bastiaan, sosok yang peduli, setia dan berkomitmen,” tukas Kobis.

(kid/yha/*)